Analisis Sifat Fisik Dan Pendugaan Protein Kasar Dan Serat Kasar Dedak Padi Dari Beberapa Varietas Padi Di Kabupaten Pasaman

Muhammad, Fajar (2023) Analisis Sifat Fisik Dan Pendugaan Protein Kasar Dan Serat Kasar Dedak Padi Dari Beberapa Varietas Padi Di Kabupaten Pasaman. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
Skripsi Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas dedak padi dari beberapa varietas padi di Kabupaten Pasaman berdasarkan sifat fisik (berat jenis, kerapatan tumpukan dan kerapatan pemadatan tumpukan) serta pendugaan kandungan protein dan serat kasar. Metode penelitian adalah metode eksperimen dengan Rancangan acak lengkap (RAL) dengan enam perlakuan dan 4 pengulangan. Keenam perlakuan tersebut adalah A (IR 64), B (Inpari 32), C (Ciherang), D (IR 66), E (Cisokan) dan F (Siganteng). Parameter yang diamati adalah kadar air %, berat jenis g/l, kerapatan tumpukan, kerapatan pemadatan tumpukan serta pendugaan kandungan protein kasar % dan serat kasar % berdasarkan korelasi KT g/l dan KPT g/l. Hasil analisis keragaman menunjukkan beberapa varietas padi di Kabupaten Pasaman berbeda sangat nyata (P<0.01) terhadap kerapatan tumpukan, kerapatan pemadatan tumpukan, pendugaan kandungan protein dan serat kasar, namun tidak berbeda nyata P(>0.05) terhadap berat jenis dan kadar air. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan varietas padi IR 64, inpari 32, ciherang, IR 66, cisokan, dan siganteng, disimpulkan dedak padi varietas siganteng memberikan hasil terbaik dibandingkan dengan perlakuan lain dan memperoleh nilai Kadar air 8.10%, BJ 1.39 g/L, KT 310.00 g/l, KPT 486.42 g/l, serta kandungan protein dan serat kasar sebesar 11.38% dan 10.84%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Montesqrit, S.Pt., M.Si
Uncontrolled Keywords: Dedak padi, kabupaten Pasaman, protein, sifat fisik, serat
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:12
Last Modified: 29 Dec 2023 03:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460435

Actions (login required)

View Item View Item