Hubungan Pola Menstruasi, Konsumsi Makanan Sumber Zat Besi, dan Konsumsi Tablet Tambah Darah dengan Kejadian Anemia pada Remaja Putri di SMP Negeri 1 Sijunjung Tahun 2023

Fawziah, Aulia Usra (2023) Hubungan Pola Menstruasi, Konsumsi Makanan Sumber Zat Besi, dan Konsumsi Tablet Tambah Darah dengan Kejadian Anemia pada Remaja Putri di SMP Negeri 1 Sijunjung Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT FAWZIAH AULIA USRA 1911223002)
SKRIPSI FULL TEXT FAWZIAH AULIA USRA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (37MB)

Abstract

Anemia gizi besi merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar di dunia. Anemia merupakan suatu kondisi kekurangan sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen yang cukup ke seluruh jaringan tubuh. Anemia pada remaja disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya kehilangan darah pada saat menstruasi, pola makan, dan kepatuhan dalam mengonsumsi tablet tambah darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola menstruasi, konsumsi makanan sumber zat besi, dan konsumsi tablet tambah darah dengan kejadian anemia pada remaja putri di SMP Negeri 1 Sijunjung Tahun 2023. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah remaja putri SMP Negeri 1 Sijunjung kelas VII dan VIII dengan total sampel sebanyak 65 orang siswi, yang dipilih dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan sampel darah dengan alat Hemoglobinometer HemoSmart GOLD oleh analis kesehatan Puskesmas Sijunjung dan kuesioner melalui wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan responden yang mengalami anemia yaitu sebesar 55,4%, pola menstruasi tidak normal 63,1%, konsumsi makanan sumber zat besi cukup 64,6%, tidak mengonsumsi tablet tambah darah 53,8%. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara pola menstruasi dengan kejadian anemia (p-value = 0,682), terdapat hubungan antara konsumsi makanan sumber zat besi dengan kejadian anemia (p-value = 0,003), terdapat hubungan antara konsumsi tablet tambah darah dengan kejadian anemia (p-value = 0,039). Adanya hubungan konsumsi makanan sumber zat besi dengan konsumsi tablet tambah darah dengan kejadian anemia pada remaja putri di SMP Negeri 1 Sijunjung. Diharapkan kepada remaja putri untuk meningkatakan kepatuhan dalam mengonsumsi tablet tambah darah dan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Denas Symond, MCN
Uncontrolled Keywords: anemia, menstruasi, remaja putri, tablet Fe, zat besi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 02 Jan 2024 02:15
Last Modified: 02 Jan 2024 02:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460328

Actions (login required)

View Item View Item