Penerapan Business Intelligence Untuk Visualisasi Forecasting Dan Clustering Data Rekam Medis Pasien Di Unit Pelayanan Medis Rumah Sakit Umum Madina Kota Bukittinggi

Ufa, Aurora Guciano (2023) Penerapan Business Intelligence Untuk Visualisasi Forecasting Dan Clustering Data Rekam Medis Pasien Di Unit Pelayanan Medis Rumah Sakit Umum Madina Kota Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text (Bab 6 Penutup dan Kesimpulan)
BAB Akhir (Penutup dan Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (List daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text (Full penjelasan Tugas Akhir Bab 1 sampai Bab 6)
Laporan TA Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Rumah Sakit Umum (RSU) Madina merupakan rumah sakit tipe D yang berada di Kota Bukittinggi. RSU Madina menyediakan 4 pelayanan medis yaitu Instalasi Gawat Darurat, Instalasi Rawat Jalan yang terdiri dari poliklinik umum dan poliklinik spesialis serta Instalasi Rawat Inap. Dalam proses bisnisnya, Data rekam medis pasien yang ada pada instalasi-instalasi ini dicatat mengunakan aplikasi SIMRS. Data pasien yang tercatat dalam aplikasi SIMRS ini masih dianalisis oleh pihak rumah sakit secara manual dimana setelah aplikasi SIMRS menghasilkan laporan berupa excel, pihak rumah sakit akan menganalisis ulang data tersebut untuk mendapatkan sejumlah informasi. Hal ini dirasa kurang efektif karena membutuhkan waktu yang lama dalam pengambilan keputusan. Oleh karena itu, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu rumah sakit menganalisis laporan yang dihasilkan aplikasi SIMRS yaitu memberikan gambaran informasi dalam bentuk grafik menggunakan aplikasi Business Intelligence. Dalam perancangannya, penulis menggunakan tahapan roadmap BI. Untuk tools yang digunakan, aplikasi BI ini dirancang menggunakan aplikasi Pentaho Data Integration (PDI) untuk proses ETL (Extract, Transform, Load) dan Microsoft Power BI untuk pembuatan dashboard, fitur forecasting dan fitur clustering. Hasil dari penerapan Business Intelligence ini adalah dashboard dapat menampilkan visualisasi data secara interaktif, mudah dipahami, fitur forecasting yang dapat menampilkan prediksi jumlah kunjungan pasien pada setiap instalasi dalam 5 tahun kedepan dan fitur clustering yang menghasilkan informasi kunjungan pasien pada setiap instalasi dalam bentuk kelompok cluster umur pada data rekam medis. Kata kunci: Unit Pelayanan Medis RSU Madina, Rekam Medis, Business Intelligence, Dashboard, Forecasting, Clustering.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ricky Akbar, M. Kom
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 28 Dec 2023 08:21
Last Modified: 28 Dec 2023 08:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460224

Actions (login required)

View Item View Item