Studi Perbandingan Karakteristik Dielektrik, Fisika, dan Kimia Minyak Transformator Jenis Ester Sintetis Dan Mineral Dalam Kondisi Thermal Aging

Mega, Aprimawati (2023) Studi Perbandingan Karakteristik Dielektrik, Fisika, dan Kimia Minyak Transformator Jenis Ester Sintetis Dan Mineral Dalam Kondisi Thermal Aging. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (44kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text (Kesimpulan dan saran)
Kesimpulan dan saran.pdf - Published Version

Download (25kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (Tugas Akhir)
Tugas Akhir_Mega Aprimawati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Minyak mineral merupakan minyak isolasi yang paling banyak digunakan sampai saat ini. Namun demikian, kekhawatiran terhadap bahaya kebakaran dan pencemaran lingkungan, mendorong para peneliti dan praktisi mencari alternatif pengganti minyak mineral seperti minyak ester sintetis. Minyak ester sintetis memiliki tingkat biodegradasi yang tinggi dan ramah lingkungan dibandingkan minyak mineral. Penelitian bertujuan untuk membandingkan karateristik minyak mineral dan minyak ester sintetis yang diberi perlakuan penuaan termal. Kertas isolasi dan logam tembaga ditambahkan ke dalam masing-masing minyak, sebelum dimasukkan ke dalam oven listrik untuk melakukan penuaan dipercepat. Minyak dipanaskan pada temperatur 140 °C selama 14 dan 28 hari. Setelah penuaan termal, minyak diuji karakteristik dielektrik, fisika, dan kimia. Hasilnya menunjukkan bahwa tegangan tembus minyak mineral mengalami peningkatan dan tegangan tembus minyak ester sintetis mengalami penurunan, untuk karakteristik fisika hasil pengujian viskositas meningkat dan massa jenis menurun, dan untuk karakteristik kimia hasil pengujian angka keasaman, stabilitas oksidasi, dan kandungan air meningkat seiring bertambahnya durasi penuaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng Abdul Rajab, M.T
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 28 Dec 2023 07:44
Last Modified: 28 Dec 2023 07:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460205

Actions (login required)

View Item View Item