PENGARUH PENGGUNAAN MIKORIZA DAN DOSIS PUPUK ANORGANIK BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KALIANDRA (Calliandra calothyrsus) PADA TANAH ULTISOL

permata intan, sonia (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MIKORIZA DAN DOSIS PUPUK ANORGANIK BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KALIANDRA (Calliandra calothyrsus) PADA TANAH ULTISOL. Diploma thesis, universitas andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (bab I)
BAB I (1).pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)
[img] Text (Ful tex)
Ful Tex (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MIKORIZA DAN DOSIS PUPUK ANORGANIK BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KALIANDRA (Calliandra calothyrsus) PADA TANAH ULTISOL Sonia Permata Intan, dibawah bimbingan Dr. Simel Sowmen, S.Pt., M.P. dan Dr. Mardhiyetti, S.Pt., M.Si. Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2023 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sampai berapa persen pengurangan pemupukan anorganik dengan adanya pemanfaatan mikoriza terhadap pertumbuhan kaliandra terbaik pada tanah ultisol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan terdiri dari PO: Pupuk Anorganik 100% (kontrol), P1: Mikoriza, P2: Mikoriza + Pupuk Anorganik 75%, P3: Mikoriza + Pupuk Anorganik 50% dan P4: Mikoriza + Pupuk anorganik 25%. Data diolah dengan menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA). Peubah yang diamati adalah tinggi tanaman (cm), jumlah cabang (cabang), jumlah tangkai daun (tangkai), diameter batang (mm) dan rasio daun batang. Hasil analisis keragaman menunjukan bahwa penggunaan mikoriza memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (>0,05) terhadap tinggi tanaman, cabang, tangkai daun, diameter batang dan rasio daun dan batang. Tinggi tanaman berkisar antara 32,75 - 42,00 cm, jumlah cabang berkisar antara 14,50 - 18,50 cabang, jumlah tangkai daun berkisar antara 128,25 - 159,00 tangkai, diameter batang berkisar antara 4,30 - 5,15 mm, rasio daun dan batang berkisar antara 2,65 - 3,34. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat di simpulkan inokulasi dengan mikoriza dan pupuk kandang menghasilkan pertumbuhan tanaman yang sama dengan penggunaan pupuk anorganik sampai 100% pada bibit kaliandra (Calliandra callothyrsus) umur 14 minggu. . Kata kunci: Kaliandra, Mikoriza, Pupuk, Tanah Ultisol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Simel Sowmen, S.Pt., M.P.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:10
Last Modified: 29 Dec 2023 03:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460193

Actions (login required)

View Item View Item