Studi Permodelan Daya Dukung Pondasi Telapak Pada Tanah Lempung Menggunakan Perkuatan Geotextile Non Woven Dengan Bantuan Software Geoteknik

Jovan, Aditya Pratama (2023) Studi Permodelan Daya Dukung Pondasi Telapak Pada Tanah Lempung Menggunakan Perkuatan Geotextile Non Woven Dengan Bantuan Software Geoteknik. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (358kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan)
BAB V Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Salah satu hal penting dalam ketersediaannya lahan pemukiman yang layak adalah adanya bangunan, sarana dan prasarana yang aman dan nyaman untuk dihuni. Namun dengan berkembangnya pemukiman dan semakin mahalnya lahan akan membuat pemanfaatan wilayah dengan kondisi tanah lunak tidak dapat dihindarkan. Padahal dalam mendirikan suatu konstruksi diatas tanah lunak akan menimbulkan berbagai macam permasalahan, diantaranya adalah daya dukung tanah yang relative rendah. Hal ini disebabkan oleh kuat geser tanah lempung kecil, sehingga tegangan geser yang ditimbulkan pondasi besar, maka bangunan konstruksi akan runtuh. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap pengunaan geotekstil sebagai bahan perbaikan pada tanah lempung lunak, salah satunya adalah jumlah lapisan dan jarak dari tanah dasar geotekstil yang digunakan.Untuk itu dalam penelitian ini akan di lakukan variasi jumlah lapisan geotekstil, yaitu 1, 2, dan 3 lapisan geotekstil dan jarak dari tanah dasar geotekstil, yaitu 5cm, 10cm, dan 15 cm, yang akan di bandingkan dengan tanpa menggunakan geotekstil. Penelitian yamg dilakukan dimulai dari studi literatur, persiapan sampel, pengumpulan data melalui pengujian yang dilakukan di laboratorium. Pengujian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui besarnya daya dukung fondasi telapak pada tanah lempung melalui pengujian model di laboratorium dan software geoteknik. Hasil dari penilitian didapatkan bahwa nilai daya dukung tanah lempung. Penggunaan geotekstil woven pada tanah lempung memiliki pengaruh untuk meningkatkan daya dukung fondasi telapak, penggunaan geotekstil non woven dengan kedalaman geotekstil 5 & 10 cm memiliki nilai daya dukung paling besar, setelah itu diikuti dengan lapisan geotekstil pada kedalaman 5 cm dan 10 cm. Penggunaan geotekstil dipengaruhi oleh jumlah lapisan geotekstil dan kedalaman geotekstil. Semakin sedikit dan jauh jarak perkuatan geotekstil woven maka semakin kecil pengaruhnya terhadap peningkatan daya dukung fondasi telapak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 28 Dec 2023 06:56
Last Modified: 28 Dec 2023 06:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460184

Actions (login required)

View Item View Item