PELAKSANAAN PENERTIBAN TERHADAP USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) SEKTOR KULINER YANG TIDAK MEMILIKI PERIZINAN BERUSAHA DI KECAMATAN SIJUNJUNG KABUPATEN SIJUNJUNG

Rio, Wahyudi (2023) PELAKSANAAN PENERTIBAN TERHADAP USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) SEKTOR KULINER YANG TIDAK MEMILIKI PERIZINAN BERUSAHA DI KECAMATAN SIJUNJUNG KABUPATEN SIJUNJUNG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perizinan berusaha merupakan legalitas yang diberikan oleh pemerintah kepada pelaku usaha untuk memulai dan menjalankan usaha dan/atau kegiatannya. Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 mengharuskan setiap pelaku UMKM untuk memiliki perizinan berusaha. Daerah Kabupaten Sijunjung terkhusus Kecamatan Sijunjung masih banyak pelaku usaha yang tidak memiliki perizinan berusaha. Oleh karena itu sudah seharusnya dilakukan penertiban oleh pemerintah terhadap pelaku usaha yang melanggar. Untuk itu penulis mengambil dua macam permasalahan yang dituangkan dalam skripsi ini yaitu bagaimana pelaksanaan penertiban terhadap UMKM yang tidak memiliki perizinan berusaha serta apa kendala yang dihadapi pemerintah daerah dalam pelaksanaan penertiban UMKM yang tidak memiliki perizinan berusaha di Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan metode yuridis empiris dengan sifat penelitian deskriptif analisis. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder serta pengumpulan data menggunakan studi dokumen dan wawancara. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka diperoleh hasil bahwa pelaksanaan penertiban yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Sijunjung terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sektor kuliner yang tidak memiliki perizinan berusaha di Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung belum terlaksana sesuai dengan peraturan yang ada dengan berbagai kendala baik kendala internal maupun kendala eksternal. Kata kunci: Pelaksanaan Penertiban, Perizinan Berusaha, UMKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Khairani, S.H., M.H Gusminarti, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 28 Dec 2023 06:49
Last Modified: 28 Dec 2023 06:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460181

Actions (login required)

View Item View Item