KORELASI ANTARA RASIO GLOBAL LONGITUDINAL STRAIN VENTRIKEL DENGAN NILAI FLOW RATIO PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG BAWAAN DENGAN HIPERTENSI PULMONAL

Gerry, Valdy (2023) KORELASI ANTARA RASIO GLOBAL LONGITUDINAL STRAIN VENTRIKEL DENGAN NILAI FLOW RATIO PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG BAWAAN DENGAN HIPERTENSI PULMONAL. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Kesimpulan dan Saran)
KESIMPULAN DAN SARAN[1].pdf - Published Version

Download (506kB)
[img] Text (Daftar Pustata)
DAFTAR PUSTAKA[1].pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (FULL TEKS)
FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Gerry Valdy Program Studi : Program studi jantung dan pembuluh darah program spesialis Judul : Korelasi antara rasio global longitudinal strain ventrikel dengan nilai flow ratio pada pasien penyakit jantung bawaan dengan hipertensi pulmonal Latar belakang: Penyakit jantung bawaan (PJB) adalah kelainan kongenital yang melibatkan hubungan abnormal antara komponen pembuluh darah sistemik dan paru-paru. PJB sering menyebabkan masalah hemodinamik dan manifestasi klinis, terutama pada pasien dengan aliran shunt dari kiri ke kanan, yang dapat menyebabkan hipertensi arteri pulmonal (HAP-PJB). Pemeriksaan kateterisasi jantung kanan merupakan baku emas untuk mendiagnosis HAP-PJB, tetapi memiliki risiko dan tidak selalu tersedia. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah parameter ekokardiografi, terutama rasio global longitudinal strain (GLS) ventrikel kanan (VKa) dan ventrikel kiri (VKi) (RVGLS/LVGLS) dengan nilai flow ratio yang dapat menjadi alternatif non-invasif untuk medeteksi HAP-PJB. Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian analitik potong lintang terhadap pasien dengan HAP-PJB yang datang ke Instalasi Pusat Jantung RSUP M. Djamil Padang dari Februari – Juli 2023. Subjek penelitian menjalani pemeriksaan kateterisasi jantung kanan untuk mengukur nilai flow ratio dan parameter kateterisasi jantung kanan standar lainnya. Subjek penelitian juga dilakukan pemeriksaan ekokardiografi untuk mengukur GLS VKa dan VKi. Dilakukan uji analisis korelasi spearman. Hasil Penelitian: Subjek penelitian berjumlah 32 orang pasien dengan hipertensi arteri pulmonal, perempuan sebanyak 23 orang, rerata usia 23,53 ± 11,97 tahun dan penyebab terbanyak hipertensi arteri pulmonal dengan defek septum ventrikel. Nilai rerata flow ratio yang didapat meningkat 3,11 ± 2,51 m/s, sedangkan nilai rerata rasio global longitudinal strain (GLS) 0,86 ± 0,12 (%). Berdasarkan uji korelasi Spearman didapatkan nilai rasio RVGLS/LVGLS mempunyai korelasi negatif sedang (r=-0.574) dengan nilai flow ratio dan bermakna secara statistik (p=0.001). Kesimpulan: Terdapat korelasi negatif sedang dan signifikan antara nilai rasio RVGLS/LVGLS dengan nilai flow ratio.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. MEFRI YANNI, Sp. JP(K)
Uncontrolled Keywords: Hipertensi Arteri Pulmonal, PJB, Ekokardiografi, GLS, Flow Ratio
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 28 Dec 2023 07:45
Last Modified: 28 Dec 2023 07:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460143

Actions (login required)

View Item View Item