Hubungan Overekspresi Human Epidermal Growth Factor (HER2) dengan Status Reseptor Hormonal Kanker Payudara di RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2017-2021

Yudha, Aldestra (2023) Hubungan Overekspresi Human Epidermal Growth Factor (HER2) dengan Status Reseptor Hormonal Kanker Payudara di RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2017-2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak .pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan .pdf - Published Version

Download (68kB)
[img] Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Human epidermal growth factor receptor (HER2) merupakan salah satu penanda biologis untuk diagnosis kanker payudara. Overekspresi HER2 terjadi pada sekitar 10-15% kanker payudara dan cenderung mempunyai prognosis yang buruk. Reseptor hormonal terdiri dari reseptor estrogen dan reseptor progesteron. Hubungan overekspresi dari HER2 dan reseptor hormonal digunakan untuk menilai prognostik dan prediktif pada kanker payudara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara overekspresi HER2 dengan status reseptor hormonal kanker payudara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2023 – November 2023 di bagian bedah divisi onkologi RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional melalui pendekatan cross sectional dengan 107 sampel yang didapatkan dari pasien kanker payudara yang tercatat di data registrasi kanker payudara PERABOI. Reseptor hormonal yang diteliti adalah reseptor estrogen dan reseptor progesteron. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien kanker payudara terbanyak berusia ≥ 40 tahun, jenis histopatologi terbanyak yaitu Invasive Carcinoma No Special Type, dan tipe molekuler terbanyak adalah luminal b. Ekspresi terbanyak dari HER2, ER, dan PR adalah positif. Ekspresi Ki67 terbanyak adalah ≥ 20%. Berdasarkan hasil uji Chi-Square menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan dan terdapat hubungan antara overekspresi HER2 dengan reseptor hormonal kanker payudara (p<0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan dan terdapat hubungan antara overekspresi HER2 dengan reseptor hormonal (ER dan PR).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Yenita, M.Biomed, Sp.PA
Uncontrolled Keywords: Reseptor Estrogen, Reseptor Progesteron, Overekspresi HER2, Immunohistokimia
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 28 Dec 2023 04:24
Last Modified: 28 Dec 2023 04:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460105

Actions (login required)

View Item View Item