PENGARUH INOKULASI MIKORIZA DAN DOSIS PUPUK ANORGANIK YANG BERBEDA TERHADAP PERKEMBANGAN AKAR DAN NODULASI KALIANDRA (Calliandra calothyrsus) FASE VEGETATIF PADA TANAH ULTISOL

Resady, Halim (2023) PENGARUH INOKULASI MIKORIZA DAN DOSIS PUPUK ANORGANIK YANG BERBEDA TERHADAP PERKEMBANGAN AKAR DAN NODULASI KALIANDRA (Calliandra calothyrsus) FASE VEGETATIF PADA TANAH ULTISOL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
Sampul dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text (bab 1- pendahuluan)
BAB 1 - Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] Text (Bab V penutup)
BAB V-Penutup.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (skripsi full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan efesiensi dosis pupuk anorganik yang tepat dengan inokulasi mikoriza terhadap perkembangan akar dan nodulasi kaliandra (Calliandra calothyrsus) fase vegetatif pada tanah ultisol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan terdiri dari P0 = pupuk anorganik 100% tanpa mikoriza, P1= mikoriza, P2 = pupuk anorganik 75% dengan mikoriza, P3= pupuk anorganik 50% dengan mikoriza dan P4 = pupuk anorganik 25% dengan mikoriza. Data dianalisis menggunakan analisis keragaman (ANOVA). Peubah yang diamati adalah bobot segar tajuk (gram/polibag), produksi segar (ton/ha), produksi berat kering (ton/ha), bobot segar akar (gram), panjang akar (cm), rasio tajuk akar dan jumlah nodul. Hasil pengamatan pada umur 14 minggu menunjukkan bahwa perlakuan inokulasi mikoriza dan dosis pupuk anorganik yang berbeda memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap berat segar akar, jumlah nodul dan berbeda nyata (P<0,05) terhadap rasio tajuk akar, namun memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap bobot segar tajuk, produksi segar, produksi berat kering dan panjang akar. Berdasarkan hasil yang didapatkan maka dapat disimpulkan bahwa inokulasi mikoriza dengan dosis pupuk anorganik 75% dapat meningkatkan perkembangan akar dan jumlah nodul tanaman kaliandra fase vegetatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Simel Sowmen,S.Pt,MP
Uncontrolled Keywords: Kata kunci :Kaliandra, Mikoriza, Pupuk anorganik, Tanah ultisol
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 28 Dec 2023 07:20
Last Modified: 28 Dec 2023 07:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460050

Actions (login required)

View Item View Item