Perilaku Remaja Pemain Game online Mobile Legends Bang-Bang (Studi Kasus: 5 Remaja Atlet Mobile Legends ESI Kota Sawahlunto)

Yoga, Surya Pratama (2023) Perilaku Remaja Pemain Game online Mobile Legends Bang-Bang (Studi Kasus: 5 Remaja Atlet Mobile Legends ESI Kota Sawahlunto). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (433kB)
[img] Text (Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Yoga Surya Pratama. 1710823012. Perilaku Remaja Terhadap Game Online Mobile Legends Bang – Bang (Studi Kasus: 5 Atlet Remaja Mobile Legends ESI Kota Sawahlunto). Pembimbing I: Dr. Zainal Arifin, M. Hum. Pembimbing II: Dr. Sri Setiawati, MA. Jurusan Antropologi Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas. Seiring berkembangnya teknologi, game Mobile Legends menjadi game yang digemari oleh masyarakat tak terkecuali pada kalangan ramaja. Setelah Dengan adanya ESI (Esport Indonesia), remaja yang bermain game Mobile Legends mempunyai kesempatan berkarir di industri e-sport, seperti menjadi atlet profesional. Perkembangan dan kemajuan game ini akhirnya menimbulkan perubahan yang besar pada kehidupan remaja dan kemajuan ini juga memberikan dampak terhadap para remaja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program yang diberikan ESI (Esport Indonesia) kepada atlet di kota Sawahlunto, sertas faktor-faktor yang melatarbelakangi atlet remaja bermain game Mobile Legends di ESI kota Sawahlunto dan mengetahui perilaku atlet remaja ESI kota Sawahlunto dalam memainkan game Mobile Legends. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian studi kasus dan pemilihan inforaman dilakukan dengan Teknik purposive sampling dimana teknik ini memilih informan berdasarkan kritetia tertentu serta mengelompokan inforaman menjadi dua kelompok yaitu infoman kunci dan informan biasa. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa lima atlet remaja kota Sawahlunto dalam bermain game Mobile Legends di pengaruhi oleh beberapa faktor seperti timbulnya rasa berkompetisi, motivasi serta mendapat dukungan dari ESI (Esport Indonesia) dan teman teman bermain. Motivasi yang tinggi dan ingin memenangkan kompetisi mempengaruhi perilaku terhadap atlet remaja kota Sawahlunto. perilaku yang timbul terbagi menjadi yaitu positif dan negatif contoh perilaku positif seperti memiliki jiwa berkompetisi, kreatif, tolernsi dan contoh perilaku negatif seperti, amarah yang meluap – luap, dan egois. Game Mobile Legends juga memiliki dampak bagi atlet remaja dimana remaja dapat melatih kemampuan strategi dan dapat membuat para atlet kecanduan memainkan game Mobile Legends. Kata kunci: Game Mobile Legends, ESI (Esport Indonesia), perilaku, remaja, dampak

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Zainal Arifin, M.Hum
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: S1 Antropologi Sosial
Date Deposited: 28 Dec 2023 07:35
Last Modified: 28 Dec 2023 07:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460028

Actions (login required)

View Item View Item