Studi Pemodelan Daya Dukung Pondasi Telapak pada Tanah Pasir Menggunakan Perkuatan Geotextile Woven dengan Bantuan Software Geoteknik

Zamzami, Dandi Wahyu (2023) Studi Pemodelan Daya Dukung Pondasi Telapak pada Tanah Pasir Menggunakan Perkuatan Geotextile Woven dengan Bantuan Software Geoteknik. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (691kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan)
Bab V Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Salah satu hal penting dalam ketersediaan nya lahan pemukiman yang layak adalah tersedianya bangunan, sarana dan prasarana yang aman dan nyaman untuk ditinggali. Namun dengan berkembangnya pemukiman dan lahan yang semakin mahal membuat pemanfaatan kawasan dengan kondisi tanah yang tidak stabil tidak dapat dihindari. Tanah pasir memiliki nilai kompresibel yang baik dibandingkan dengan tanah lempung. Namun, pasir memiliki nilai kuat geser dan nilai kohesi yang lebih kecil dibanding tanah lempung serta rawan terhadap getaran. Akibat nilai kuat geser pasir yang kecil, tegangan geser yang ditimbulkan pondasi menjadi lebih besar sehingga dapat menyebabkan terjadinya penurunan secara signifikan pada pondasi. Dengan kondisi tersebut maka sebelum dilakukannya pembangunan suatu konstruksi diatasnya, tanah pasir tersebut di stabilisasi terlebih dahulu. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menambahkan bahan perkuatan yaitu geotekstil. Geotekstil dapat mengembangkan kekuatan tarik yang sangat tinggi. Sehingga, dapat mengurangi penurunan yang terjadi pada pondasi telapak. Dalam penelitian ini akan di lakukan permodelan dengan variasi jumlah lapisan geotekstil, yaitu 1 lapis dengan kedalaman 5 cm, 1 lapis dengan kedalaman 10 cm, dan 2 lapis dengan kedalaman 5 & 10 cm, yang akan di bandingkan dengan tanpa menggunakan geotekstil. Penelitian yamg dilakukan dimulai dari studi literatur, persiapan sampel, pengumpulan data melalui pengujian yang dilakukan di laboratorium. Pengujian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui besarnya daya dukung fondasi telapak pada tanah pasir melalui pengujian model di laboratorium dan software geoteknik. Hasil dari penilitian didapatkan bahwa nilai daya dukung pasir kasar memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan dengan pasir sedang dan halus. Penggunaan geotekstil woven pada pasir memiliki pengaruh untuk meningkatkan daya dukung fondasi telapak, penggunaan geotekstil woven dengan kedalaman geotekstil 5 & 10 cm memiliki nilai daya dukung paling besar, setelah itu diikuti dengan lapisan geotekstil pada kedalaman 5 cm dan 10 cm. Penggunaan geotekstil dipengaruhi oleh jumlah lapisan geotekstil dan kedalaman geotekstil. Semakin sedikit dan jauh jarak perkuatan geotekstil woven maka semakin kecil pengaruhnya terhadap peningkatan daya dukung fondasi telapak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Hendri Gusti Putra, M. T Prof. Ir Abdul Hakam, M.T., P.hD
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 22 Dec 2023 07:54
Last Modified: 27 Dec 2023 02:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459879

Actions (login required)

View Item View Item