HUBUNGAN USIA DAN STATUS MENOPAUSE DENGAN KEJADIAN KANKER OVARIUM TIPE EPITEL SUBTIPE HIGH GRADE SEROUS CARCINOMA DI RSUP DR M.DJAMIL PADANG

Carmiyana, Puja Harsby (2023) HUBUNGAN USIA DAN STATUS MENOPAUSE DENGAN KEJADIAN KANKER OVARIUM TIPE EPITEL SUBTIPE HIGH GRADE SEROUS CARCINOMA DI RSUP DR M.DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (266kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kanker ovarium adalah kanker ginekologi ketiga yang paling banyak ditemui pada perempuan, dimana kasus terbanyak yang ditemukan merupakan kasus kanker ovarium tipe epitel. Berdasarkan histopatologinya kanker ovarium tipe epitel terbagi menjadi kanker epitel ovarium tipe 1 dan tipe 2, dengan subtipe HGSOC yang merupakan subtipe dominan serta menyumbang angka kematian tertinggi dari semua tipe kanker epitel ovarium. Dikarenakan angka kematian yang tinggi dan belum terdapatnya panduan skrining untuk kanker epitel ovarium, oleh sebab itu diperlukan pengetahuan mengenai faktor risiko kanker ovarium sebagai langkah awal untuk deteksi dini kanker ovarium. Usia dan status menopause merupakan contoh faktor risiko yang dapat menyebabkan kanker epitel ovarium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan usia dan status menopause dengan kejadian kanker ovarium tipe epitel subtipe high grade serous carcinoma di RSUP Dr M. Djamil Padang. Penelitian ini merupakan analitik observasional dengan desain penelitian cross sectional. Penelitzian ini dilakukan dibagian rekam medis RSUP Dr M. Djamil Padng menggunakan data rekam medis pasien kanker epitel ovarium periode Januari 2021 sampai Juni 2023. Subjek penelitian ini adalah 90 pasien kanker epitel ovarium. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Chi square. Pada penelitian ini ditemukan kanker epitel ovarium subtipe high grade serous carcinoma banyak terdapat pada perempuan yang berusia > 50 tahun (68,9%) dan sudah mengalami menopause (80%). Pada uji analitik didapatkan nilai p value untuk usia dan status menopause adalah 0.382 dan 0,104. Dari kedua hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara usia dan status menopause dengan angka kejadian kanker ovarium tipe epitel subtipe high grade serous carcinoma di RSUP Dr M. Djamil Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Syamel Muhammad, Sp.OG(K). Onk
Uncontrolled Keywords: Usia, HGSC, Status Menopause, Kanker Epitel Ovarium
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 28 Dec 2023 04:52
Last Modified: 28 Dec 2023 04:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459851

Actions (login required)

View Item View Item