Faktor yang Berhubungan dengan Pemberian Imunisasi Dasar Lengkap pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Lumpo Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2023

Wulandari, Yusnawati Ramadhani (2023) Faktor yang Berhubungan dengan Pemberian Imunisasi Dasar Lengkap pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Lumpo Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1(Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB akhir (PenutupKesimpulan).pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Ilmiah utuh_Wulandari Yusnawati Ramadhani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian: Cakupan imunisasi dasar lengkap di Puskesmas Lumpo mengalami penurunan dari tahun ke tahun (2018 – 2021). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan pemberian imunisasi dasar lengkap pada balita di wilayah kerja Puskesmas Lumpo Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2023. Metode: Penelitian kuantitatif dengan desain penelitian case-control. Jumlah sampel 36 kasus dan 36 kontrol. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Analisis data dilakukan secara univariat, bivariat dan multivariat. Hasil: Ibu kelompok kasus dan kontrol paling banyak memiliki tingkat pendidikan tinggi, pengetahuan baik, percaya imunisasi, memiliki persepsi positif dan sikap positif. Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian imunisasi dasar lengkap dengan pengetahuan ibu (p-value=0,006) dan kepercayaan ibu (p-valueI=0,014) dan tidak terdapat hubungan yang siginifikan antara pemberian imunisasi dasar lengkap dengan pendidikan ibu (p-value=0,733), persepsi ibu (p-value=0,300), dan sikap ibu (p-value=1). Kepercayaan ibu merupakan variabel yang paling berhubungan dengan pemberian imunisasi dasar lengkap pada balita (OR=8,020). Kesimpulan: Adanya hubungan pemberian imunisasi dasar lengkap dengan pengetahuan ibu dan kepercayaan ibu. Variabel yang paling berhubungan adalah kepercayaan ibu. Disarankan agar petugas kesehatan lebih meningkatkan dan mengoptimalkan edukasi dan promosi kesehatan kepada masyarakat terkait imunisasi dasar agar semua anak mendapatkan imunisasi dasar lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Kamal Kasra, SKM, MQIH, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Imunisasi dasar, Balita, Ibu, Pengetahuan, Kepercayaan, Case-control
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 21 Dec 2023 08:29
Last Modified: 21 Dec 2023 08:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459844

Actions (login required)

View Item View Item