PENGARUH FUNGSI KELOMPOK TERHADAP DINAMIKA KELOMPOK TERNAK DALAM RENCANA PENGEMBANGAN KAWASAN KORPORASI TERNAK KAMBING DI AGAM BAGIAN TIMUR

Siti, Asifah Siregar (2023) PENGARUH FUNGSI KELOMPOK TERHADAP DINAMIKA KELOMPOK TERNAK DALAM RENCANA PENGEMBANGAN KAWASAN KORPORASI TERNAK KAMBING DI AGAM BAGIAN TIMUR. Diploma thesis, Fakultas Peternakan.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (52kB)
[img] Text (BAB I. PENDAHULUAN)
BAB I. Pendahuluan.,.pdf - Published Version

Download (275kB)
[img] Text (BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V-1.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-2.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu, 1) untuk mengetahui karakteristik anggota kelompok, 2) untuk mengetahui fungsi kelompok dan 3) untuk mengetahui pengaruh fungsi kelompok terhadap dinamika kelompok ternak kambing di Agam bagian Timur. Penelitian ini dilakukan di Kawasan Agam bagian Timur dimulai dari 10 Juli sampai 01 Agustus 2023. Menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner. Penentuan sampel secara sensus, yaitu semua anggota kelompok ternak kambing yang aktif di Agam bagian Timur. Tujuan penelitian dideskripsikan dengan menggunakan skala likert dan pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan SmartPLS versi 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kelompok ternak kambing di Agam bagian Timur memiliki anggota yang sudah sesuai dengan kriteria berdasarkan jenis kelamin, umur, pendidikan dan pengalaman beternak. Akan tetapi, anggota kelompok belum menetapkan beternak sebagai pekerjaan utama, sehingga perkembangan kelompok masih rendah. 2) Berdasarkan uji skala likert, kelas belajar pada kelompok tani ternak kambing yang ada di Agam bagian Timur tergolong pada kategori berfungsi dengan nilai total 188,4, variabel wahana kerjasama pada kategori tidak berfungsi dengan nilai total 115,9 dan variabel unit produksi pada kategori tidak berfungsi dengan nilai total 107,9. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Kawasan Agam bagian Timur belum layak dijadikan sebagai Kawasan Korporasi ternak Kambing di Sumatera Barat. 3) Dari hasil Outer Model dan Inner Model menggunakan SmartPLS versi 4 nilai R-Square sebesar 30,6%, nilai t-statistik konstruk kelas sebesar 1.217 lebih kecil dari 1,96 dan nilai p-values sebesar 0,226 lebih besar dari 0,05. Konstruk wahana kerjasama mempunyai nilai t-statistik sebesar 1,483 lebih kecil dari 1,96 dan nilai p-values sebesar 0,14 lebih besar dari 0,05 dan konstruk unit produksi mempunyai nilai t-statistik sebesar 1,169 lebih kecil dari 1,96 dan nilai p-values sebesar 0,245 lebih besar dari 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan antara fungsi kelompok terhadap dinamika kelompok. Kata Kunci: Karakteristik Kelompok, Dinamika Kelompok, Fungsi Kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Kelompok, Dinamika Kelompok, Fungsi Kelompok.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 27 Dec 2023 03:57
Last Modified: 27 Dec 2023 03:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459796

Actions (login required)

View Item View Item