PEMBANGUNAN APLIKASI PENDAFTARAN PENYEWAAN PADA USAHA PENYEWAAN PERLENGKAPAN PESTA PERNIKAHAN DI KOTA PADANG BERBASIS WEB GIS

Azizi, Soniawan (2019) PEMBANGUNAN APLIKASI PENDAFTARAN PENYEWAAN PADA USAHA PENYEWAAN PERLENGKAPAN PESTA PERNIKAHAN DI KOTA PADANG BERBASIS WEB GIS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Fulltext)
Tugas Akhir Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Usaha penyewaan perlengkapan pesta pernikahan merupakan usaha yang bergerak di bidang jasa yang menawarkan jasa penyewaan berbagai macam perlengkapan pesta pernikahan seperti tenda, pelaminan, kursi dan lain-lain. Dari segi pendaftaran penyewaan, masyarakat/calon penyewa masih melakukan pencarian dengan cara mencari terlebih dahulu informasi, yaitu dengan mengunjungi langsung ke usaha penyewaan yang dituju, sehingga hal tersebut membutuhkan waktu yang lama. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan yang muncul tersebut adalah dengan memanfaatkan sistem informasi berbasis Web GIS (Web Geographic Information System). Pengembangan yang dilakukan pada pembangunan aplikasi pendaftaran penyewaan pada usaha penyewaan perlengkapan pesta pernikahan di Kota Padang berbasis Web GIS menggunakan model Waterfall. Aplikasi ini diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, Javascript, JSON, dan SQL. Basis data yang digunakan untuk menyimpan data adalah PostgreSQL dengan ekstensi PostGIS. Aplikasi ini dapat digunakan untuk pendaftaran penyewaan pada usaha penyewaan perlengkapan pesta pernikahan. Pada aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melihat, mencari, mengetahui informasi, dan mengelola data mengenai usaha penyewaan perlengkapan pesta pernikahan di Kota Padang. Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan metode blackbox testing yang dilakukan oleh 5 orang penguji. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan pada semua fungsional yang ada pada aplikasi ini diperoleh hasil bahwa 24 fungsional tersebut telah berjalan sesuai dengan yang dirancang. Kata Kunci: Usaha Penyewaan Perlengkapan Pesta Pernikahan, Web Geographic Information System, PostgreSQL, PostGIS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Haris Suryamen, M.Sc
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 27 May 2019 09:40
Last Modified: 27 May 2019 09:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45973

Actions (login required)

View Item View Item