Prevalensi Mastitis Subklinis, Total Plate Count dan pH Susu Kambing Peranakan Etawa yang Terdeteksi Mastitis Subklinis di Toni Farm Kota Payakumbuh

Emilia, Contesa (2023) Prevalensi Mastitis Subklinis, Total Plate Count dan pH Susu Kambing Peranakan Etawa yang Terdeteksi Mastitis Subklinis di Toni Farm Kota Payakumbuh. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover)
Cover dan Abstrak Skripsi.pdf - Published Version

Download (433kB)
[img] Text (Bab I)
Pendahuluan Skripsi Emilia Contesa.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (Bab V)
Bagian Penutup Skripsi Emilia Contesa.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Skripsi Emilia Contesa.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full Emilia Contesa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi mastitis subklinis, total plate count dan pH susu kambing Peranakan Etawa yang terdeteksi mastitis subklinis di Toni Farm Kota Payakumbuh. Penelitian ini dilakukan di peternakan Toni Farm, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Materi yang digunakan adalah 26 ekor kambing laktasi. Metode yang digunakan adalah metode survei melalui uji mastitis subklinis IPB-1 test serta dilanjutkan dengan analisis laboratorium tentang TPC dan pH pada susu mastitis subklinis. Variabel pengamatan yang digunakan pada penelitian ini adalah prevalensi mastitis subklinis, TPC dan nilai pH. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prevalensi mastitis subklinis di peternakan Toni Farm adalah sebesar 80,76%, dan jumlah TPC susu yang terdeteksi mastitis subklinis pada sampel susu positif + (2,56 x 103 cfu/ml), ++ (6,06 x 102 cfu/ml) dan +++ (4,3 x 103 cfu/ml). Nilai pH susu yang terdeteksi mastitis subklinis didapatkan sampel + (6,31), ++ (6,52), dan +++ (6,51). Kesimpulan dari penelitian ini adalah prevalensi mastitis subklinis kambing PE di peternakan Toni Farm adalah tinggi sebesar 80,76%, sedangkan total plate count susu kambing PE di Toni Farm masuk dalam kategori grade premium menurut Thai Agricultural Standard (TAS) 2008 dan pH susu kambing PE di Toni Farm sesuai dengan standar susu segar menurut SNI 01-2897-2008.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. HILDA SUSANTY, S.Pt, M.Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 19 Dec 2023 07:01
Last Modified: 19 Dec 2023 07:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459712

Actions (login required)

View Item View Item