Kualitas Susu Kambing Peranakan Etawa yang Terdeteksi Mastitis Subklinis di Peternakan Aiman Family Farm Kabupaten Lima Puluh Kota

Rahayu, Naima (2023) Kualitas Susu Kambing Peranakan Etawa yang Terdeteksi Mastitis Subklinis di Peternakan Aiman Family Farm Kabupaten Lima Puluh Kota. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (225kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (391kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (466kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas susu kambing PE (kadar lemak, kadar protein, laktosa dan total solid) yang terdeteksi mastitis subklinis di Peternakan Aiman Family Farm Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini menggunakan 10 ekor kambing PE laktasi dan 300 ml susu kambing yang terdeteksi mastitis subklinis. Metode yang digunakan adalah metode survei dan analisis laboratorium terhadap susu kambing PE laktasi yang terdeteksi mastitis subklinis. Parameter yang diamati adalah kualitas susu (lemak, protein, laktosa dan total solid) yang terdeteksi mastitis subklinis. Hasil analisis kualitas susu kambing PE yang terdeteksi mastitis subklinis kadar lemak sebesar 6,29% (+), 8,06% (++) dan 7,29% (+++). Protein sebesar3,31% (+), 3,03% (++), dan 3,20% (+++). Laktosa sebesar 5,01% (+), 4,62 (++), 4,86% (+++) dan total solid sebesar 14,61% (+), 15,71% (++), 15,34% (+++). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa mastitis subklinis tidak mempengaruhi kualitas susu (lemak, protein, laktosa dan total solid) di Peternakan Aiman Family Fram sehingga layak untuk dikonsumsi karena memenuhi standar SNI (2011) dan TAS (2008).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Hilda Susanty, S.Pt., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kambing Perah, Kualitas Susu, Mastitis Subklinis, Susu Kambing
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 15 Dec 2023 04:07
Last Modified: 15 Dec 2023 04:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459662

Actions (login required)

View Item View Item