PENGARUH UMUR DEFOLIASI BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN RUMPUT PAKCHONG (Pennisetum purpureum cv. Thailand) PADA PANEN PERTAMA DI TANAH ULTISOL

Febria, Yolanda Jasrul (2023) PENGARUH UMUR DEFOLIASI BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN RUMPUT PAKCHONG (Pennisetum purpureum cv. Thailand) PADA PANEN PERTAMA DI TANAH ULTISOL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover & abstract.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan umur defoliasi yang tepat terhadap pertumbuhan rumput pakchong (Pennisetum purpureum cv. Thailand) yang optimal berdasarkan umur defoliasi berbeda Pada Panen Pertama di tanah ultisol. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan tiga perlakuan dan empat ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah A: defoliasi 60 HST, B: defoliasi 90 HST, C: defoliasi 120 HST. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman (cm), lebar daun (cm), panjang daun (cm), diameter batang (mm) dan jumlah anakan (anakan). Data diolah menggunakan Analisis of Varience (ANOVA) dan perbedaan antara perlakuan diuji lanjut dengan menggunakan Duncan Multiple Range Test (DMRT). Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa umur pemotongan berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap tinggi tanaman dan panjang daun serta berbeda nyata (P<0,01) terhadap lebar daun, namun berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap diameter batang dan jumlah anakan. Rataan tinggi tanaman berkisar antara 123,60-331,46 cm, lebar daun berkisar antara 3,13-4,07 cm, panjang daun berkisar antara 98,07-138,43 cm, diameter batang berkisar antara 16,47-18,59 mm dan jumlah anakan berkisar antara 8,53-9,94 anakan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa rumput pakchong didefoliasi pada umur 120 HST terjadi peningkatan pada pertumbuhan tanaman. Defoliasi yang optimal rumput pakchong panen pertama di tanah ultisol adalah pada umur 60 HST.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Suyitman,M.P.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:10
Last Modified: 12 Dec 2023 07:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459609

Actions (login required)

View Item View Item