KEPENTINGAN VIETNAM DALAM MENINGKATKAN KERJA SAMA DENGAN AMERIKA SERIKAT MELALUI US-VIETNAM COMPREHENSIVE PARTNERSHIP (2013-2023)

Gina, Sonia (2023) KEPENTINGAN VIETNAM DALAM MENINGKATKAN KERJA SAMA DENGAN AMERIKA SERIKAT MELALUI US-VIETNAM COMPREHENSIVE PARTNERSHIP (2013-2023). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Skripsi Gina Sonia.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (Bab I (Pendahuluan))
BAB I Skripsi Gina Sonia.pdf - Published Version

Download (620kB)
[img] Text (Bab V (Kesimpulan))
BAB V Skripsi Gina Sonia.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Skripsi Gina Sonia.pdf - Published Version

Download (601kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI GINA SONIA 1910851004 oke.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan kepentingan Vietnam dalam meningkatkan kerja sama dengan Amerika Serikat melalui US-Vietnam Comprehensive Partnership. Vietnam yang memiliki sejarah hubungan yang penuh gejolak dengan AS dimulai dengan perang di masa lalu dan terdapat perbedaan ideologi, melalui US-Vietnam Comprehensive Partnership mampu meningkatkan kerja sama dengan AS. Penelitian ini menggunakan kerangka konsep kepentingan nasional oleh Charles Chong-Han Wu yang mana pendistribusian kepentingan negara dalam kerja sama internasional dapat dilihat melalui kepentingan keamanan, kepentingan komunitas, dan kepentingan ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan bersifat deskriptif analisis.Temuan dari penelitian ini menemukan bahwa terdapat kepentingan Vietnam meningkatkan kerja sama dengan AS yaitu kepentingan keamanan terkait agresivitas Tiongkok di kawasan Laut Tiongkok Selatan dengan adanya US-Vietnam Comprehensive Partnership ini meningkatkan bantuan keamanan dari AS. Selanjutnya pada kepentingan komunitas Vietnam dapat meningkatkan perannya di dunia internasional dengan seperti keikutsertaan dalam APEC dan ASEAN-AS dapat meningkatkan perekonomian negara Vietnam. Selanjutnya pada kepentingan ekonomi Vietnam dapat meningkatkan perekonomiannya dengan kerja sama bilateral dengan AS melalui US-Vietnam Comprehensive Partnership. Kata kunci: US-Vietnam Comprehensive Partnership, Kepentingan Nasional, Kerja Sama, Vietnam, AS

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Apriwan, S.Sos, MA
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:29
Last Modified: 11 Dec 2023 07:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459582

Actions (login required)

View Item View Item