Kemampuan Teknis dan Finansial Masyarakat Merekonstruksi rumah Tinggal Aman Gempa (Studi Kasus Bencana Gempa Tahun 2022 di Kabupaten Pasaman Barat)

Ariswan, . (2023) Kemampuan Teknis dan Finansial Masyarakat Merekonstruksi rumah Tinggal Aman Gempa (Studi Kasus Bencana Gempa Tahun 2022 di Kabupaten Pasaman Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
1 cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Pendahuluan)
2.BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Penutup)
3.BAB AKHIR (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (673kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (647kB)
[img] Text (TA full text)
5. TA full text..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (37MB)

Abstract

Pada tanggal 25 Februari 2022, berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Padang Panjang, terjadi gempa bumi dengan kekuatan 6,2 Mw yang terpusat di lereng Gunung Talamau, Pasaman Barat dengan kedalaman 10 Km. Dari jumlah kerusakan yang ada, rumah tinggal masyarakat memiliki persentase jumlah kerusakan terbanyak, yaitu sebanyak 654 rumah rusak berat, 1072 rumah rusak sedang, dan 2177 rumah rusak ringan. Dalam membangun kembali rumah hunian masyarakat yang sesuai dengan kaidah rumah aman gempa diperlukan tingkat kemampuan finansial dan kemampuan teknis dari masyarakat itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kemampuan finansial dan kemampuan teknis masyarakat dalam melakukan pembangunan kembali rumah hunian berstandar aman gempa. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat memberikan acuan atau referensi bagi masyarakat, donatur, dan pemerinaman setempat dalam pelaksanaan rekonstruksi rumah hunian berstandar aman gempa. Dalam penelitian ini, metode pengambilan data yang dipakai yaitu angket (kuisioner). Dari nilai pengukuran kemampuan teknis tukang dalam merekonstruksi rumah berstandar aman gempa didapatkan nilai kemampuan tinggi dengan rerata nilai dari responden 89,58 pada kategori sangat baik. Secara umum tingkat kemampuan finansial pribadi (Equity) masyarakat dalam melakukan rekonstruksi rumah berstandar aman gempa rendah dengan skor rerata 2,16 pada kategori kurang baik, sedangkan kemampuan finansial masyarakat melalui kredit juga rendah karena hanya 20% masyarakat yang mampu melakukan pinjaman ideal dan 80% lagi tidak mampu, serta kurun waktu yang dibutuhkan masyarakat yang mampu melakukan pinjaman ideal dalam melunasi cicilan ideal yaitu 18% dengan kurun waktu ≤15 tahun dan 82% dengan kurun waktu >15 tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir.Akhmad Suraji, Ph.D.,IPM
Uncontrolled Keywords: Rekonstruksi, Rumah, Aman Gempa, Kemampuan, Finansial, Teknis.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 07 Dec 2023 03:57
Last Modified: 07 Dec 2023 03:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459512

Actions (login required)

View Item View Item