PENGARUH UMUR DEFOLIASI TERHADAP KANDUNGAN NUTRISI RUMPUT PAKCHONG (PENNISETUM PURPUREUM CV. THAILAND) PADA PANEN PERTAMA DI TANAH ULTISOL

Anggi, Nur Fitriana (2023) PENGARUH UMUR DEFOLIASI TERHADAP KANDUNGAN NUTRISI RUMPUT PAKCHONG (PENNISETUM PURPUREUM CV. THAILAND) PADA PANEN PERTAMA DI TANAH ULTISOL. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (240kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (22kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

PENGARUH UMUR DEFOLIASI BERBEDA TERHADAP KANDUNGAN NUTRISI RUMPUT PAKCHONG (Pennisetum purpureum cv. Thailand) PADA PANEN PERTAMA DI TANAH ULTISOL Anggi Nur Fitriana, dibawah bimbingan Dr. Ir. Suyitman, M.P. dan Qurrata Aini, S.Pt, M.Pt. Bagian Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2023 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui umur defoliasi optimal ditinjau dari kandungan nutrisi rumput pakchong pada panen pertama di tanah ultisol. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan terdiri dari A :60 hari setelah tanam HST; B: 90 HST; C: 120 HST. Parameter yang diamati adalah kandungan Bahan Kering (BK), Protein Kasar (PK), Serat Kasar (SK) dan Abu. Data dianalisa dengan metode analisis sidik ragam dan perbedaan perlakuan diuji lanjut dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan umur defoliasi memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan BK, PK, SK dan Abu. Rataan kandungan BK berkisar antara 13,71% - 19,16%, PK berkisar antara 9,47 - 14,09%, SK berkisar antara 27,61% - 35,01% dan Abu berkisar antara 7,50% - 10,88%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan rumput pakchong yang didefoliasi pada umur 120 HST terjadi penurunan kandungan nutrisi. Defoliasi optimal rumput pakchong panen pertama di tanah ultisol adalah 60 HST. Kata kunci : Kandungan Nutrisi, Rumput Pakchong, Tanah Ultisol, Umur Defoliasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Suyitman, M.P
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 05 Dec 2023 04:39
Last Modified: 05 Dec 2023 07:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459506

Actions (login required)

View Item View Item