Aplikasi Artificial Neural Network Untuk Menentukan Kandungan Sekam dan Serat Kasar Dedak Padi Berdasarkan Data Absorbansi Near Infrared (NIR)

Yuwandri Isa Putra, Willi (2023) Aplikasi Artificial Neural Network Untuk Menentukan Kandungan Sekam dan Serat Kasar Dedak Padi Berdasarkan Data Absorbansi Near Infrared (NIR). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (225kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menduga kandungan sekam dan serat kasar dedak padi dengan menggunakan Artificial Neural Network (ANN) berdasarkan data absorbansi Near Infrared (NIR). Penelitian ini menggunakan 40 sampel dedak padi dari beberapa daerah yang tersebar di Sumatera Barat. Langkah penelitian dimulai dengan scanning dedak padi menggunakan alat buchi NIRFlex N500 solids. Spektra hasil scanning di ekstrak melalui treatment data PCA. Data PCA dijadikan input untuk ANN pada saat kalibrasi dan validasi. Pada saat kalibrasi digunakan 30 sampel dan pada saat validasi digunakan 10 sampel. Hasil validasi menunjukkan bahwa pendugaan kandungan sekam menggunakan ANN memberikan SEP sebesar 1,88% dan CV sebesar 10,72%. Sedangkan pendugaan serat kasar menghasilkan SEP 2,24% dan CV 11,28%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa akurasi penggunaan ANN untuk menduga kandungan sekam adalah 89,28% dan serat kasar 88,72%. Kata Kunci : ANN, Dedak Padi, NIR, PCA

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Adrizal, M.Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 28 Nov 2023 07:11
Last Modified: 28 Nov 2023 07:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459449

Actions (login required)

View Item View Item