Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sunscreen Sesuai Jenis Kulit Wajah Menggunakan Metode Profile Matching (Studi Kasus Miss Glam Kota Padang)

Ade Karmila, Tasyaa (2023) Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sunscreen Sesuai Jenis Kulit Wajah Menggunakan Metode Profile Matching (Studi Kasus Miss Glam Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Tasya_Tugas Akhir_2023_WISUDA.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text (Bab Akhir)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (66kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full)
Tasya_Tugas Akhir_2023_FINAL WISUDA-1-202.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Sunscreen atau pelindung sinar matahari adalah produk yang penting bagi kesehatan kulit wajah yang tujuannya dapat melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet (UV) atau sinar matahari langsung. Dalam memilih sunscreen juga harus sesuai dengan jenis kulit karena jika tidak sesuai akan menimbulkan efek tersendiri bagi penggunanya. Banyaknya jenis sunscreen yang ditawarkan di pasaran juga membuat masyarakat bingung sehingga kesulitan dalam memilih sunscreen yang tepat sesuai dengan jenis kulit wajah mereka. Salah satunya toko yang menjual produk kecantikan yaitu Miss Glam Kota Padang yang merupakan toko kecantikan yang menjual banyak jenis produk perawatan kulit termasuk jenis sunscreen. Permasalahan yang dihadapi konsumen di toko kecantikan ini yaitu 1). Terdapat banyak pengunjung yang kurang pemahaman dalam memilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit mereka. 2).Pelayan dari toko kecantikan tersebut juga masih memiliki kesulitan memberikan rekomendasi jenis sunscreen kepada konsumen dikarenakan pengetahuan tentang sunscreen yang paling sesuai dengan jenis kulit belum pasti kebenarannya. Maka dari itu, penelitian ini ditujukan untuk membangun sebuah sistem pendukung keputusan (SPK) menggunakan metode profile matching yang diharapkan bisa membantu konsumen nantinya dalam menyelesaikan permasalahan pada pemilihan sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit wajah konsumen berdasarkan data kriteria yang diperoleh dari pengumpulan data langsung dari dokter kulit, berupa kandungan baik yang harus ada pada sunscreen untuk jenis kulit tertentu, serta larangan kandungan yang sebaiknya tidak digunakan di dalam sunscreen. Metode profile matching merupakan metode yang mekanisme pengambilan keputusannya menggunakan asumsi tingkat variabel prediktor yang paling ideal yang sesuai dengan subyek yang diteliti yaitu dengan melakukan proses perbandingan antara produk sunscreen berdasarkan kriteria yang telah didapat ke dalam jenis kulit yang sesuai sehingga dapat diketahui perbedaan nantinya. Penelitian ini akan menghasilkan sistem pendukung keputusan yang dapat menentukan jenis produk sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit wajah konsumen pada Miss Glam Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dwi Welly Sukma Nirad, S.Kom., M.T
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 24 Nov 2023 09:21
Last Modified: 24 Nov 2023 09:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459359

Actions (login required)

View Item View Item