Introduksi Isolat Rizobakteria Untuk Pengendalian Jamur Fusarium verticillioides Sacc Nirenberg Penyebab Penyakit Busuk Tongkol Pada Tanaman Jagung (Zea mays)

Fajar, Akbar (2019) Introduksi Isolat Rizobakteria Untuk Pengendalian Jamur Fusarium verticillioides Sacc Nirenberg Penyebab Penyakit Busuk Tongkol Pada Tanaman Jagung (Zea mays). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
2. pendahuluan.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (penutup)
3. Penutup.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
5. SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rizobakteri merupakan bakteri saprofit yang hidup di daerah perakaran (rizosfer), aktif mengkolonisasi akar tanaman, mampu menekan patogen serta meningkatkan pertumbuhan tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan isolat rizobakteri terbaik dalam menekan penyakit busuk tongkol secara in planta maupun in vitro dan meningkatkan pertumbuhan tanaman jagung. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) untuk in planta dengan 15 perlakuan rizobakteri, kontrol positif (tanpa inokulasiF. verticillioides) dan kontrol negatif (inokulasiF. verticillioides). Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali dan setiap ulangan terdiri atas 3 tanaman. Uji in vitro menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 15 perlakuan rizobakteri dan 1 kontrol. Masing-masing diulang sebanyak 3 kali. Data dianalisis menggunakan sidik ragam, apabila berbeda nyata dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isolat LA2MKB 5.2 merupakan isolat yang memiliki kemampuan paling baik dalam menekan perkembangan F. verticillioides secara in planta dengan total efektivitas 90,14%. Isolat PSM3TSB 7.1 merupakan isolat terbaik perannya sebagai PGPR yang efektif meningkatkan pertumbuhan tanaman jagung dengan total efektivitas 14,15%. sedangkan isolat LMTSA 5.4 merupakan isolat yang memiliki persentase daya hambat dual culture paling tinggi dalam kemampuannya sebagai agen antagonis F. verticillioidessecara in vitro yaitu sebesar 7,20% Kata kunci: busuk tongkol, in planta, in vitro, jagung, rizobakteri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Haliatur Rahma, SSi. MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 27 May 2019 10:30
Last Modified: 27 May 2019 10:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45923

Actions (login required)

View Item View Item