INVENTARISASI PENYAKIT YANG DISEBABKAN OLEH JAMUR PADA BUAH DAN DAUN MARKISA KONYAL (Passiflora ligularis Juss.) DI KABUPATEN SOLOK

Fitri, Wahyuni (2023) INVENTARISASI PENYAKIT YANG DISEBABKAN OLEH JAMUR PADA BUAH DAN DAUN MARKISA KONYAL (Passiflora ligularis Juss.) DI KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (Bab I. Pendahuluan)
BAB I. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text (Bab V. Kesimpulan dan Saran)
BAB V. Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (90kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya hasil dari tanaman markisa adalah adanya serangan dari jamur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh jamur yang menyerang buah dan daun pada markisa (Passiflorae ligularis Juss.) pada 3 Kecamatan di Kabupaten Solok. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk survei lapangan dan pengamatan Laboratorium. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Kriteria yang digunakan sebagai sampel yaitu bagian tanaman markisa (buah dan daun) yang menunjukkan gejala terserang patogen dengan ketentuan diambil 5 petakan secara diagonal dengan luas masing-masing petakan 1m x 1m pada setiap lahan. Pengamatan berupa gejala penyakit pada buah dan daun markisa yang terinfeksi yang ditemukan di lapangan, selanjutnya buah dan daun markisa yang terinfeksi, diambil untuk diisolasi dan dilakukan identifikasi karakteristik makroskopis dan mikroskopis. Hasil dari penelitian ini ditemukan 3 jenis penyakit yang disebabkan oleh jamur patogen pada markisa yaitu penyakit bercak coklat yang disebabkan oleh Alternaria passiflorae, penyakit antraknosa disebabkan oleh Colletotrichum gloeosporioides dan penyakit kudis disebabkan oleh Cladosporium oxysporum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Yenny Liswarni, M.P
Uncontrolled Keywords: Jamur, Penyakit tanaman, Penyakit markisa
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 24 Nov 2023 04:42
Last Modified: 24 Nov 2023 04:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459171

Actions (login required)

View Item View Item