Studi Perbandingan Elektroda Tembaga Dan Karbon Pada Sistem Plant Microbial Fuel Cell Menggunakan Media Tanah Rawa dan Tanaman Rumput Minjangan

Tryfandy, Sarfaldi (2023) Studi Perbandingan Elektroda Tembaga Dan Karbon Pada Sistem Plant Microbial Fuel Cell Menggunakan Media Tanah Rawa dan Tanaman Rumput Minjangan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover-Abstrak.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (BAB Akhir (Penutup))
Penutup Simpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text
Tryfandy Sarfaldi_1910952001_TA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu bentuk pemanfaatan energi terbarukan yang berasal dari biomassa adalah melalui Plant Microbial Fuel Cell (PMFC). PMFC adalah suatu inovasi yang memungkinkan konversi energi matahari menjadi energi listrik melalui mekanisme simbiosis antara tanaman dan bakteri dalam hal nutrisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membandingkan tegangan, arus , dan daya yang dihasilkan dari sistem plant microbial fuel cell menggunakan tanah rawa dan tanaman rumput minjangan. Penelitian ini dilakukan selama 7 hari diukur setiap jam sekali dari pukul 07.00 hingga 17.00, dengan uji 2 perlakuan sebagai akseptor elektron yaitu menggunakan elektroda tembaga dan elektroda karbon. Pada sistem plant microbial fuel cell tanpa penambahan katalisator didapatkan nilai daya yang dihasilkan pada percobaan menggunakan elektroda tembaga, nilai daya tertinggi didapatkan 84,629 mW, sedangkan menggunakan elektroda karbon didapatkan nilai daya tertinggi 24,729 mW. Sedangkan sistem plant microbial fuel cell dengan penambahan katalisator EM4 nilai daya tertinggi menggunakan elektroda tembaga didapatkan 324,661 mW, sedangkan pada percobaan menggunakan elektroda karbon didapatkan nilai daya tertinggi 290,550 mW. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produksi energi litrik yang dihasilkan elektroda tembaga lebih tinggi dibandingkan dengan elektroda karbon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Melda Latif, M.T
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:08
Last Modified: 24 Nov 2023 08:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459163

Actions (login required)

View Item View Item