Analisis Kinerja MPPT Solar Cell Pada Beberapa Kondisi Temperatur dan Intensitas Cahaya Menggunakan Metode Perturb and Observe

Vitma, Bilal Ocviali (2023) Analisis Kinerja MPPT Solar Cell Pada Beberapa Kondisi Temperatur dan Intensitas Cahaya Menggunakan Metode Perturb and Observe. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (BAB V (Kesimpulan))
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text (Tugas Akhir)
Laporan Tugas Akhir_Bilal Ocviali Vitma_1910953014.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Matahari merupakan sumber energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi pembangkit listrik. Energi matahari dapat diubah menjadi energi listrik menggunakan teknologi photovoltaic pada modul surya. Efisensi konversi energi sel surya dapat dihitung pada saat sel surya bekerja di titik maksimal atau optimumnya. Dengan menerapkan algoritma Maximum Power Point Tracking (MPPT) dapat menjaga sel surya bekerja pada titik optimumnya, dimana MPPT bekerja mencari point maksimum dari kurva karakterisktik tegangan dan arus input (V-I). Pada Tugas Akhir ini menganalisa performa photovoltaic berupa daya keluaran yang dihasilkan ketika diberikan variasi temperatur dan intensitas cahaya pada modul photovoltaic dengan menggunakan MPPT dengan algoritma Perturb and Observe (P&O). Metode Perturb and Observe ini akan digabungkan dengan DC-DC converter dengan topologi boost converter untuk mengetahui metode atau algoritma yang memiliki respon cepat dalam menentukan titik MPP dalam menghasilkan daya keluaran dari modul photovoltaic (sel surya). Hasil analisa menunjukkan variasi temperatur dan intensitas cahaya dengan MPPT metode Perturb and Observe menggunakan boost converter, didapatkan peningkatan daya keluaran saat diberikan kenaikan nilai irradiance dan terjadi penurunan daya keluaran saat diberikan kenaikan nilai temperatur. Pada temperature dan intensitas cahaya matahari yang bervariasi memiliki dampak pada efisiensi sistem PV yang dilakukan MPPT, dimana saat variasi temperatur terjadi penurunan efisiensi sistem daya keluaran PV ketika diberikan kenaikan nilai temperatur dan saat variasi intensitas cahaya didapatkan hasil berupa ketidakstabilan kenaikan maupun penuruan efisiensi yang dihasilkan ketika diberikan kenaikan nilai intensitas cahaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Melda Latif, M. T.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:09
Last Modified: 24 Nov 2023 08:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459134

Actions (login required)

View Item View Item