PENGARUH PERBANDINGAN BUBUR TEMPE DAN SARI TERUNG BELANDA (Chypomandra betacea Cav.) TERHADAP KARAKTERISTIK ES KRIM NABATI

Hanifah, Ghaida (2023) PENGARUH PERBANDINGAN BUBUR TEMPE DAN SARI TERUNG BELANDA (Chypomandra betacea Cav.) TERHADAP KARAKTERISTIK ES KRIM NABATI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Text (Cover dan Abstrak-Hanifah Ghaida.pdf - Published Version

Download (440kB)
[img] Text (Bab 1)
Text (BAB I)_Hanifah Ghaida.pdf - Published Version

Download (459kB)
[img] Text (BAB V)
Text (BAB V)_Hanifah Ghaida.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka)_Hanifah Ghaida.pdf - Published Version

Download (476kB)
[img] Text (Skripsi Full Teks)
Text Full Skripsi Hanifah Ghaida.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan bubur tempe dan sari terung belanda terhadap karakteristik es krim nabati dan untuk mengetahui formulasi es krim nabati berdasarkan perlakuan perbandingan bubur tempe dan sari buah terung belanda dengan karakteristik terbaik berdasarkan uji kimia, fisik, mikrobiologi dan organoleptik pada es krim nabati yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Perlakuan pada penelitian ini adalah A (bubur tempe 90% : sari terung belanda 10%), B (bubur tempe 80% : sari terung belanda 20%), C (bubur tempe 70% : sari terung belanda 30%), D (bubur tempe 60% : sari terung belanda 40%), dan E (bubur tempe 50% : sari terung belanda 50%). Data penelitian dianalisis secara statistik dengan ANOVA (Analysis of variance) dan dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan bubur tempe dan sari terung belanda berpengaruh nyata terhadap kadar lemak, kadar protein, total padatan, kadar antosianin, pH, nilai overrun, waktu leleh, warna, angka lempeng total, serta analisis organoleptik terhadap warna, aroma, dan tekstur es krim nabati. Namun tidak berpengaruh nyata terhadap aktivitas antioksidan dan organoleptik rasa dari es krim nabati. Perlakuan terbaik es krim nabati yang dihasilkan yaitu es krim nabati dengan perbandingan tempe 60% : sari terung belanda 40% dengan karakteristik kimia rata-rata kadar lemak (8,05%), kadar protein (3,33%), total padatan (31,22%), nilai pH (5,27), kadar antosianin (6,12 mg/L) aktivitas antioksidan (24,40%), nilai overrun (20,70%), waktu leleh (16,48 menit), warna (66,80 ˚hue, dengan warna yellow red), Angka lempeg total (1,1 x 105 CFU/g), organoleptik warna (4,28 = suka), organoleptik aroma (3,72 = suka), rasa (3,48 = biasa) dan tekstur (4,02 = suka).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir. Hasbullah, M.S
Uncontrolled Keywords: antosianin, bubur tempe, es krim nabati, sari terung belanda
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 24 Nov 2023 05:01
Last Modified: 24 Nov 2023 05:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459101

Actions (login required)

View Item View Item