Event Marketing Kolaborasi Sebagai Komunikasi Pemasaran Fabriek Bloc Dalam Mempopulerkan Creative Hub di Kota Padang

Anjely, Safayani (2023) Event Marketing Kolaborasi Sebagai Komunikasi Pemasaran Fabriek Bloc Dalam Mempopulerkan Creative Hub di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak Anjely.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1 Anjely.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5 Anjely.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka ANjely.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (Fulltext Skripsi)
Full text skripsi anjely.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Fabriek Bloc merupakan tempat berkumpul santai dengan konsep creative hub pertama di Padang Sumatera Barat. Fabriek Bloc menggunakan event marketing sebagai salah satu strategi branding untuk konsep creative hub. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana event marketing yang digunakan sebagai komunikasi pemasaran Fabriek Bloc dalam mempopulerkan creative hub di Kota Padang dengan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus. Data-data penelitian ini diambil menggunakan teknis wawancara dan observasi serta teori yang digunakan dalam analisis penelitian ini adalah teori PENCILS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Fabriek Bloc menggunakan tiga jenis event yang dilaksanakan sebagai event marketingnya yaitu event regular, event kolaborasi dan event komersial. Ketiga event yang diselenggarakan tidak lepas dari kolaborasi dengan berbagai pihak pelaku kreatif. Realisasi konsep teori PENCILS dalam creative hub pada event kolaborasi di Fabriek Bloc terlihat dengan adanya event dari berbagai segmentasi, kepedulian akan komunitas di Kota Padang hingga publikasi di media sosial. Namun dalam prosesnya, Fabriek Bloc mengalami berbagai kendala, baik itu kendala fisik seperti letak geografi yang tidak strategis, kendala manajemen internal yang masih harus diperbaiki hingga kendala kerangka pemikiran berupa perbedaan persepsi mengenai creative hub oleh masyarakat Kota Padang serta kendala dalam menggunakan media sosial yang terbatas sebagai ajang promosi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, SP, M.Si
Uncontrolled Keywords: Creative Hub, Event Marketing, Fabriek Bloc, Kolaborasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 23 Nov 2023 09:49
Last Modified: 23 Nov 2023 09:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459098

Actions (login required)

View Item View Item