PENGEMBANGAN IMPLEMENTASI BUSINESS INTELLIGENCE BERBASIS DASHBOARD, FORECASTING, DAN CLUSTERING PADA PERUSAHAAN UMUM DAERAH (PERUMDA) AIR MINUM KOTA PADANG

Mussaumi Adi, Miftah (2023) PENGEMBANGAN IMPLEMENTASI BUSINESS INTELLIGENCE BERBASIS DASHBOARD, FORECASTING, DAN CLUSTERING PADA PERUSAHAAN UMUM DAERAH (PERUMDA) AIR MINUM KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
JUDUL DAN ABSTRAK FINAL.pdf - Published Version

Download (417kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 FINAL.pdf - Published Version

Download (516kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFPUS FINAL.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (BAB 6 PENUTUP)
BAB 6 FINAL.pdf - Published Version

Download (337kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TA FINAL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Air Minum Kota Padang merupakan sebuah perusahaan jasa yang bergerak di bidang penyediaan air bersih untuk kebutuhan masyarakat. Perumda Air Minum Kota Padang saat ini telah miliki total pelanggan hingga ribuan dimana setiap pelanggan tersebut melakukan sejumlah transaksi air setiap bulannya. Perumda Air Minum Kota Padang mampu menghasilkan data transaksi air pelanggan kurang lebih 300.000 data transaksi setiap tahunnya dan akan selalu bertambah seiring bertumbuhnya jumlah pelanggan. Pada saat ini untuk menghasilkan sebuah informasi, Perumda Air Minum mengambil data dari database lalu disalin dan dikelola dalam bentuk dokumen atau spreadsheet. Hal ini menyulitkan Perumda Air Minum Kota Padang untuk mengakses, mengolah, dan menganalisis data transaksi air pelanggan secara cepat. Sebelumnya, sudah terdapat penelitian serupa masih menghasilkan informasi yang kurang informatif. Oleh karena itu, saat ini diperlukan sebuah solusi yang dapat membantu Perumda Air Minum Kota Padang dalam mengelola data pelanggan secara lebih baik yaitu dengan mengembangkan implementasi Business Intelligence. Business Intelligence merupakan suatu rangkaian kegiatan yang melakukan berbagai jenis analisis data pada suatu organisasi baik data eksternal maupun dari pihak ketiga yang berguna untuk memahami situasi bisnis serta dapat membantu dalam menetapkan strategi, keputusan bisnis, dan operasional guna meningkatkan kinerja. Tahapan dalam implementasi Business Intelligence ini menggunakan tahapan Roadmap BI dengan pendekatan Business Intelligence Roadmap oleh Moss dan Attre. Implementasi BI dalam penelitian ini menggunakan perangkat lunak Pentaho untuk proses ETL, MySQL sebagai basis data, dan Power BI sebagai alat visualisasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi BI berbasis dashboard, forecasting, clustering dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan Perumda Air Minum Kota Padang. Selain itu, diimplementasikan fitur notifikasi yang akan mengirimkan pesan melalui email pihak manajerial jika terjadi perubahan data sehingga dapat membantu perusahaan untuk mengetahui pertumbuhan data lebih cepat. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat membantu pihak manajerial dalam pengambilan kebijakan strategis dan peningkatan kualitas pelayanan pada Perumda Air Minum Kota padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 23 Nov 2023 09:28
Last Modified: 23 Nov 2023 09:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459090

Actions (login required)

View Item View Item