PENGARUH VARIASI SUDUT SUDU MASUK DENGAN DIAMETER LUBANG KELUARAN KONSTAN TERHADAP EFISIENSI TURBIN FRANCIS DIAPLIKASIKAN PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PIKO HIDRO (PLTPH)

Rio Fandi, Refolta (2023) PENGARUH VARIASI SUDUT SUDU MASUK DENGAN DIAMETER LUBANG KELUARAN KONSTAN TERHADAP EFISIENSI TURBIN FRANCIS DIAPLIKASIKAN PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PIKO HIDRO (PLTPH). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Syarat 1 Cover Dan Abstrak Tesis.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text (BAB I)
Syarat 2 BAB I Tesis.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text (BAB V)
Syarat 3 BAB V Tesis.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Syarat 4 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text (Tesis Full)
Syarat 5 BAB 1 - BAB 5 Tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Seperti kita ketahui, bahan bakar fosil seperti minyak bumi dan batu bara masih menjadi sumber energi utama sedangkan cadangan energinya terus menurun. Pembangkit listrik tenaga air dianggap sangat kompetibel untuk pengembangan energi terbarukan. Solusi seperti piko hidro sedang menjadi prospek yang menarik untuk dikembangkan. Piko hidro mengacu pada pembangkit listrik tenaga air terkecil dengan kapasitas kurang dari 5kW. Piko hidro berada paling depan dari opsi pengembangan energi ini karena dianggap sebagai pilihan energi terbarukan yang paling hemat biaya dan juga piko hidro turbin adalah prospek yang menarik untuk memenuhi kebutuhan dasar listrik jarak jauh. Diantara berbagai jenis turbin hidrolik, turbin francis banyak digunakan, karena dapat bekerja pada berbagai jenis aliran dan head. Runner dan draft tube pada turbin francis memiliki pengaruh besar pada kinerja dan performa dari turbin, sehingga optimasi dari runner dan draft tube selalu menjadi hotspot dari penelitian tentang turbin francis. Modifikasi pada sudu – sudu untuk membuat aliran streamline di daerah masuk, diantara, dan keluar sudu – sudu sehingga mengurangi kerugian aliran. Sudu – sudu pada impeler turbin dimodifikasi sedemikian rupa, sehingga pada akhirnya akan menghilangkan aliran stagnasi pada impeler tersebut. Dengan modifikasi sudu – sudu ini, diharapkan efisiensi turbin meningkat., dan modifikasi runner dalam melihat pengaruhnya terhadap efisiensi. Efieisnsi tertinggi terjadi pada runner 60, dengan efisiensi 58.94 %. Variasi pada draft tube menghasilkan efisiensi yang berbeda. Semakin kecil keluaran draft tube menghasilkan efisiensi yang kecil. efisiensi mekanik dengan runner forward dan backward menghasilkan efisisiensi dengan penurunan yang tidak terlalu signifikan yaitu 0.72%. KATA KUNCI Turbn Francis, Runner, Draft Tube, Efisiensi, Irigasi, PLTPH

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.-Ing.Ir. Uyung Gatot Syafrawi Dinata, M.T
Uncontrolled Keywords: Turbin Francis, Runner, Draft Tube, Efisiensi, Irigasi, PLTPH
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 teknik mesin
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:43
Last Modified: 23 Nov 2023 06:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459010

Actions (login required)

View Item View Item