PROSES YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MEMBOLOS SISWA ( Studi Kasus 4 Siswa Yang Membolos Di SMAN 2 Painan)

Agnes, Oktavianizen (2023) PROSES YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MEMBOLOS SISWA ( Studi Kasus 4 Siswa Yang Membolos Di SMAN 2 Painan). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
Cover dan Abstrak (2).pdf - Published Version

Download (405kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (747kB)
[img] Text (Penutup)
BAB 4 Penutup..pdf - Published Version

Download (354kB)
[img] Text
Daftar Pustaka new (1).pdf - Published Version

Download (473kB)
[img] Text
Skripsi Agnes NEW (3).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Agnes Oktavianizen, BP 1610811017. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang. Judul Skripsi: Proses Yang Mempengaruhi Perilaku Membolos Siswa (Studi Kasus 4 Siswa Yang Membolos Di SMAN 2 Painan). Pembimbing Dra. Nini Anggraini M,Pd Sekolah adalah lembaga pendidikan formal tempat seorang siswa menimba ilmu dan mengembangkan bakat minat dan kemampuannya. Untuk mencapai keberhasilan dimasa depan, pendidikan merupakan hal yang sangat penting.Salah satu pelanggaran yang sering dilakukan oleh siswa disekolah yaitu membolos atau ketidakhadiran siswa tanpa alasan yang tepat. Perilaku membolos adalah suatu bentuk perbuatan yang dilakukan siswa dengan sengaja meninggalkan sekolah atau pelajaran tanpa izin terlebih dahulu atau tanpa keterangan.Kelompok teman akan memungkinkan individu untuk saling berinteraksi, bergaul dan memberikan semangat serta motivasi terhadap teman yang lain secara emosional. Kehadiran kelompok teman dapat memberikan pengaruh terhadap perkembangan remaja. Penelitian inibertujuan untuk mendeskripsikan proses yang mempengaruhi perilaku membolos siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif yang digunakan untuk memahami pengetahuan, makna proses mempengaruhi sehingga terjadinya perilaku membolos sekolah. Sedangkan informannya siswa SMAN 2 Painan dengan menggunakan teknik mekanisme disengaja dan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa awal siswa melakukan perilaku membolos karena adanya pengaruh dari teman mereka untuk melakukan perilaku membolos tersebut, sehingga setiap mereka merasa bosan atau malas mengikuti kegiatan belajar mereka akan pergi atau mengajak teman mereka untuk melakukan perilaku membolos. Kata Kunci : Proses, Mempengaruhi, Perilaku, Membolos, Siswa ABSTRACT Agnes Oktavianizen, BP 1610811017. Department of Sociology, Faculty of Social and Political Sciences, Andalas University, Padang. Thesis Title: Processes Affecting Students' Truancy Behavior (Case Study of 4 Students Who Truant at SMAN 2 Painan). Supervisor Dra. Nini Anggraini M, Pd Schools are formal educational institutions where students gain knowledge and develop their talents, interests, and abilities. To achieve future success, education is very important. One of the violations that are often committed by students at school is skipping school or student absence without proper reasons. Truancy behavior is a form of action carried out by students deliberately leaving school or lessons without prior permission or information. Friend groups will allow individuals to interact with each other, get along, and provide encouragement and motivation for other friends emotionally. The presence of friend groups can influence adolescent development. This study aims to describe the process that influences students' skipping school behavior. The research method used in this study is a qualitative approach with a descriptive research type used to understand knowledge and the meaning of the process of influencing the occurrence of skipping school behavior. While the informants are students of SMAN 2 Painan using the snowball technique and data collection using observation techniques, in-depth interviews, and documentation studies. The results showed that the beginning of students doing truant behavior because of the influence of their friends to do the truant behavior, so every time they feel bored or lazy to follow learning activities they will go or invite their friends to do truant behavior. Keywords: Process, Influencing, Behavior, Truancy, Students

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Nini Anggraini, M.Pd
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 23 Nov 2023 08:26
Last Modified: 23 Nov 2023 08:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459008

Actions (login required)

View Item View Item