ANALISIS SISTEM PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN KEJADIAN TERTUSUK JARUM SUNTIK PADA PERAWAT DI RSUP DR M DJAMIL PADANG TAHUN 2022

Rumaisha, Rumaisha (2023) ANALISIS SISTEM PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN KEJADIAN TERTUSUK JARUM SUNTIK PADA PERAWAT DI RSUP DR M DJAMIL PADANG TAHUN 2022. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (466kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text (BAB VII (Penutup))
BAB VII (Penutup).pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (502kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Salah satu dampak negatif yang ditimbulkan oleh proses pelayanan kesehatan yaitu tertusuk jarum suntik (needle stick injury) yang berdampak pada petugas rumah sakit berisiko terpapar darah dan cairan tubuh yang terinfeksi. Berdasarkan laporan komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit (PPIRS) RSUP Dr M Djamil Padang di tahun 2019, tahun 2020 dan tahun 2021, terlihat kenaikkan kasus kejadian tertusuk jarum suntik pada perawat, dimana pada tahun 2019 yaitu 22%, di tahun 2020 yaitu 41% dan di tahun 2021 yaitu 48%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pencegahan dan pengendalian kejadian tertusuk jarum suntik pada perawat di RSUP Dr M Djamil Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang menggabungkan antara metode penelitian kuantitatif dan kualitatif (mixed methods) dengan desain model concurrent triangulation yaitu dengan cara mencampur kedua metode tersebut secara seimbang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini secara proportionate startified random sampling yang berjumlah 90 orang responden. Pemilihan informan penelitian ini dengan purposive sampling yang berjumlah 5 orang informan. Berdasarkan hasil penelitian ini, sebagian besar perawat memiliki pengetahuan yang baik (93,3%) dan sikap positif (84,4%) mengenai pencegahan dan pengendalian kejadian tertusuk jarum suntik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pencegahan dan pengendalian kejadian tertusuk jarum suntik pada perawat di RSUP Dr M Djamil Padang sudah berjalan dengan baik, namun memang ada hal-hal yang perlu menjadi perhatian sebagai penguat sistem sehingga risiko bisa dikendalikan dan berkurang atau tidak adanya kejadian tertusuk jarum suntik bekas pakai. Di sarankan 1) perawat dalam bekerja sesuai standar dan fokus 2) meningkatkan pengawasan terhadap penanganan jarum suntik bekas pakai 3) meningkatkan monitoring dan evaluasi terhadap pengendalian risiko kejadian tertusuk jarum bekas pakai 4) agar rumah sakit melakukan resosialisasi atau pelatihan yang dilakukan secara berkala terhadap penanganan tertusuk jarum suntik bekas pakai kepada perawat.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. Rima Semiarty, MARS, FISPH, FISCM, Sp.KKLP
Uncontrolled Keywords: Pencegahan, Pengendalian, Tertusuk Jarum Suntik, Perawat
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:54
Last Modified: 23 Nov 2023 06:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458983

Actions (login required)

View Item View Item