PERBAIKAN SIFAT FISIKOKIMIA DAN REDUKSI MERKURI PADA LAHAN BEKAS TAMBANG EMAS MELALUI APLIKASI BIOKANAT (BIOCHAR, PUKAN DAN LIAT) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN PADI (Oryza sativa L.)

putri, junia lisa (2023) PERBAIKAN SIFAT FISIKOKIMIA DAN REDUKSI MERKURI PADA LAHAN BEKAS TAMBANG EMAS MELALUI APLIKASI BIOKANAT (BIOCHAR, PUKAN DAN LIAT) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN PADI (Oryza sativa L.). Diploma thesis, universitas andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (491kB)
[img] Text (BAB 5 Kesimpulan dan Saran)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (524kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan pertambangan yang membolakbalikan lapisan atas dan lapisan bawah tanah mengakibatkan kerusakan tanah secara fisika dan kimia tanah. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan amelioran berupa biokanat (biochar, pukan dan liat) pada tanah bekas tamabng emas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji peran pengaplikasian biokanat terhadap perbaikan sifat fisikokimia tanah dan reduksi merkuri pada tanah bekas tambang emas serta terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman padi (Oryza sativa L.). Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok dengan 3 kelompok dan 3 ulangan dengan dosis 0 ton/Ha (Kontrol), 10 Ton/Ha dan 20 Ton/Ha Biokanat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian 20 Ton/Ha biokanat menunjukkan hasil terbaik yang mampu menurunkan BV tanah sebesar 0,42 g/cm3 dan permeabilitas tanah sebesar 16,8 cm/jam, memperbaiki tekstur tanah dengan kriteria tekstur lempung liat berpasir, dan meningkatkan pH tanah sebesar 2,27 unit, C-organik 2,45 %, P-tersedia 10,73 ppm, N-total sebesar 0,17 %, KTK sebesar 16,5 cmol/Kg, serta kandungan basa-basa seperti Ca-dd sebesar 1,42 cmol/kg, Mg-dd sebesar 0,28 cmol/kg, K-dd sebesar 0,18 cmol/kg, dan Na-dd sebesar 0,30 cmol/kg. Pemberian 20 ton/ha biokanat mampu menurunkan kadar Hg dalam tanah sebesar 12,31 ppm sehingga Hg yang diserap oleh tanaman padi semakin rendah meskipun masih dalam kategori membahayakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Gusmini, SP. MP Prof. Dr. Ir. Yulnafatmawita, MSc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 23 Nov 2023 04:33
Last Modified: 23 Nov 2023 04:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458954

Actions (login required)

View Item View Item