Strategi Adaptasi Lima Keluarga Penjual Lamang Etnis Minangkabau di Kecamatan Batu Aji,Kota Batam

Yori, Permata Sari (2019) Strategi Adaptasi Lima Keluarga Penjual Lamang Etnis Minangkabau di Kecamatan Batu Aji,Kota Batam. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK+COVER.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini menggambarkan kehidupan sosial ekonomi penjual lamang etnis Minangkabau selama bertahun-tahun. Penjual lamang etnis Minangkabau mengalami rintangan tersendiri dalam usahanya yaitu harus bersaing dengan etnis lainnya yang sesama penjual makanan yang mana masing-masing mereka memiliki makanan daerah khasnya. Penjual lamang etnis Minangkabau juga lebih berhati-hati dalam mempertahankan kualitas dagang mereka, yang bertujuan untuk mempertahankan langganan dan untuk menarik pembeli. Penjual lamang etnis Minangkabau memakai strategi adaptasi dalam mempertahankan usahanya. Penelitian ini menggambarkan latar belakang dan tujuan dari kehidupan sosial ekonomi perantau etnis Minangkabau di tengah-tengah keadaan ekonomi di perkotaan. Keadaan ekonomi yang sulit di daerah asal sehingga para penjual lamang etnis Minangkabau pergi merantau dan di perantauan mereka harus bisa bertahan dengan usaha jualan mereka melalui strategi adaptasi yang mereka gunakan. Untuk menggambarkan kehidupan ekonomi penjual lamang etnis Minangkabau di sini terlebih dahulu dijelaskan profil dari lima informan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, dan menggunakan penelitian yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dokumentasi serta kepustakaan. Pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling dengan membaginya kepada informan kunci dan informan biasa. Informan kunci yang diambil dari lapangan yaitu sebanyak lima informan sedangkan informan biasa sebanyak empat informan. Lima informan kunci di sini yaitu para penjual lamang etnis Minangkabau yang tinggal di Kecamatan Batu Aji, Kota Batam dan informan biasa terdiri dari para pekerja atau karyawan dari penjual lamang dan para pekerja di kantor Kecamatan Batu Aji. Hasil penelitian ini menjelaskan lima profil informan penjual lamang etnis Minangkabau, yaitu latar belakang keluarga, proses bermigrasi, alasan memilih sebagai penjual lamang, berapa lama berjualan lamang, kegiatan usaha seperti lokasi berjualan, pendapatan, berapa lamang yang dijual, dan siapa saja yang membeli. Kemudian penelitian ini menunjukkan bahwa strategi adaptasi yang digunakan para penjual lamang etnis Minangkabau di Kecamatan Batu Aji yaitu yang pertama, memilih lokasi yang strategis maksudnya adalah memilih tempat yang ramai pengunjung, pilih lokasi yang berdekatan dengan penjual bahan pokok dan penjual makanan,dan lokasi yang digunakan harus berada dalam lingkungan bersih sehingga pembeli tertarik untuk membeli. Kedua, menjaga cita rasa makanan yang bertujuan untuk memberi keuntungan dari pendapatan yang dihasilkan dan menjadi daya tarik lamang itu sendiri serta mempertahankan pembeli yang sudah menjadi langganan. Ketiga, koneksi yaitu hasil pendapat positif dari para pembeli yang sudah menjadi langganan dan juga hasil dari koneksi yaitu hubungan solidaritas, dimana hubungan ini memberi pengaruh dalam memperluas daerah jualan. Keempat, kerjasama atau jaringan kerja (kerjasama penjual lamang dengan penjual lainnya yaitu kerjasama dengan penjual lamang etnis Minangkabau, kerjasama dengan penjual makanan di pasar tradisional, dan kerjasama dengan para pekerja atau karyawan yang bekerja dengan penjual lamang) yaitu hubungan yang terbentuk dari rasa peduli yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan, memperluas daerah jualan, dan memperkuat rasa solidaritas antar sesama perantau. Kata Kunci : Penjual lamang etnis Minangkabau, profil, strategi adaptasi, pola dari, pola bagi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Zainal Arifin, M.Hum
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: d3 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 24 May 2019 14:50
Last Modified: 24 May 2019 14:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45891

Actions (login required)

View Item View Item