Potensi Ekoenzim Beberapa Kulit Buah Dalam Menekan Pertumbuhan Jamur Fusarium oxysporum f. sp lycopersici Penyebab Layu Fusarium Pada Tanaman Tomat

Syahrul, Azizah (2023) Potensi Ekoenzim Beberapa Kulit Buah Dalam Menekan Pertumbuhan Jamur Fusarium oxysporum f. sp lycopersici Penyebab Layu Fusarium Pada Tanaman Tomat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (Pendahuluan)
Bab I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text (Penutup)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (29kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Cover_Full[1]-digabungkan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fusarium oxysporum f. sp. lycopersici merupakan salah satu jamur penyebab penyakit layu fusarium pada tanaman tomat. Salah satu alternatif pengendalian yang dapat dilakukan yaitu dengan memanfaatkan kulit buah menjadi ekoenzim sebagai biopestisida alami. Ekoenzim merupakan hasil fermentasi limbah organik seperti ampas sayur, buah, gula merah dan air yang memiliki aroma fermentasi asam manis yang kuat dan warna coklat gelap. Tujuan penelitian untuk mendapatkan perlakuan ekoenzim kulit buah terbaik dalam menekan pertumbuhan jamur Fusarium oxysporum f. sp lycopersici penyebab layu fusarium pada tanaman tomat secara in vitro. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 9 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan terdiri atas kontrol, ekoenzim kulit nanas, ekoenzim kulit jeruk, ekoenzim kulit pepaya, ekoenzim kulit nanas+jeruk, ekoenzim kulit nanas+pepaya, ekoenzim kulit jeruk+ pepaya, ekoenzim kulit nanas+jeruk+papaya dan fungisida masalgin berbahan aktif benomyl. Parameter yang diamati adalah luas koloni jamur Fol, pertumbuhan koloni jamur Fol, jumlah konidia jamur Fol, daya kecambah konidia jamur Fol, berat basah dan berat kering jamur Fol. Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh ekoenzim yang diuji berpotensi dalam menekan pertumbuhan jamur Fol dengan rata-rata efektivitas 41,73-100%. Perlakuan ekoenzim yang memberikan hasil terbaik dalam menekan pertumbuhan jamur Fol adalah ekoenzime kulit nanas + pepaya dengan efektivitas 100%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:46
Last Modified: 23 Nov 2023 07:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458870

Actions (login required)

View Item View Item