ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN CHRONIC KIDNEY DISEASE ON HEMODIALISIS DENGAN PENERAPAN SIPPING ICE THERAPY DI RUANG KRONIK ANAK RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG

Ainal, Jannata Purnama (2023) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN CHRONIC KIDNEY DISEASE ON HEMODIALISIS DENGAN PENERAPAN SIPPING ICE THERAPY DI RUANG KRONIK ANAK RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (283kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (409kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (Daftra Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (399kB)
[img] Text (KIA full text)
KIA FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya kasus gagal ginjal kronik akhir - akhir ini pada anak menjadi perhatian khusus dalam masalah kesehatan. Sipping ice therapy diberikan sebagai alternatif untuk mengurangi intake cairan dalam tubuh dan memberikan rasa lega di tenggorokan juga untuk mengurangi rasa haus berlebih yang sulit dikendalikan oleh anak-anak. Tujuan penulisan karya ilmiah akhir ini adalah untuk memaparkan asuhan keperawatan yang diberikan pada anak dengan Chronic Kidney Disease (CKD) yang menjalani hemodialisa dengan memberikan sipping ice therapy untuk mengurangi haus pasien. Metode yang digunakan dalam adalah studi kasus dengan pendekatan asuhan keperawatan berbasis Evidence Based Nursing. Pengolahan data pada An.B berusia 13 tahun dilakukan melalui proses wawancara langsung, pengamatan, pemeriksaan fisik ditunjang dengan data rekam medik. Dari kondisi pasien didapat bahwa masalah keperawatan utama yang diangkat yaitu hipervolemia, perfusi perifer tidak efektif dan nausea. Intervensi yang diberikan pada kasus ini adalah manajemen hipervolemia, perawatan sirkulasi dan manajemen mual dengan harapan peningkatan keseimbangan cairan dan perfusi perifer serta penurunan tingkat nausea. Pemberian sipping ice therapy diharapkan dapat mengurangi rasa haus yang dialami pasien dan mengontrol intake cairan yang masuk dalam tubuh pasien sehingga edema dapat menurun. Dari hasil implementasi sipping ice therapy selama tiga hari didapatkan penurunan rasa haus yang dialami oleh pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Dwi Novrianda, M.Kep
Uncontrolled Keywords: Chronic Kidney Disease, hemodialisis, sipping ice therapy
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 23 Nov 2023 08:09
Last Modified: 23 Nov 2023 08:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458831

Actions (login required)

View Item View Item