Karakteristik Pemisah untuk Material Magnetik Baja Karbon dan Non Magnetik Polylactic Acid (PLA) dengan Variasi Sudut Elevasi Belt Conveyor

MHD, Rafi Risfandi (2019) Karakteristik Pemisah untuk Material Magnetik Baja Karbon dan Non Magnetik Polylactic Acid (PLA) dengan Variasi Sudut Elevasi Belt Conveyor. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abtrak)
1. COVER DAN ABTRAK.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
3. BAB 5.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img] Text (tugas akhir utuh)
5. TUGAS AKHIR UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dalam proses pemisahan material magnetik dan non-magnetik, yang paling umum digunakan ialah magnetic pulle, yaitu dengan meletakkan magnet pada head pulley belt conveyor, sehingga pemisahan relatif menjadi lebih murah dan mudah digunakan untuk material magnetic dan material non-magnetik. Untuk itu perlu diketahuhi karakteristik pemisahan material magnetik dan non-magnetik dari prototipe alat pemisahan material tersebut. Karakteristik dari prototipe alat pemisah ini diketahui setelah pengujian, dengan parameter pengujian yang ditetapkan yakni variasi massa, variasi kecepatan putaran motor, variasi sudut elevasi kemiringan belt conveyor dan parameter yang dicari ialah jarak jatuh material. Hasil yang diperoleh dari pengujian yang dilakukan adalah variasi massa tidak memberikan pengaruh terhadap jarak jatuh material magnetik (baja karbon) maupun non-magnetik (PLA) pada setiap variasi kecepatan putaran dan variasi sudut elevasi kemiringan belt conveyor. Selanjutnya variasi kecepatan putaran motor memberikan pengaruh positif terhadap jarak jatuh material magnetik (baja karbon) maupun non-magnetik (PLA). Setiap penambahan kecepatan putaran motor akan mengakibatkan peningkatan jarak jatuh pada setiap material. Variasi sudut kemiringan belt conveyor memberikan pengaruh positif pada jarak jatuh material magnetik (baja karbon) maupun non-magnetik (PLA). Setiap peningkatan sudut elevasi kemiringan belt conveyor akan mengakibatkan peningkatan pada jarak jatuh setiap material, kecuali pada material magnetik (baja karbon), kecepatan 95 dan setap variasi massa. Ini menunjukan adanya batasan kecepatan agar material magnetik (baja karbon) terpisah. Metode pemisahan sampah ini sudah berhasil memisahkan antara material magnetik (baja karbon) dan material non-magnetik (PLA), dimana terjadi perbedaan populasi jarak jatuh yang berbeda antara kedua kelompok material tersebut. Kata Kunci: Pemisahan, magnetik, non-magnetik, baja karbon, polylactic acid (PLA)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.-Ing. Agus Sutanto, M.T
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 24 May 2019 14:25
Last Modified: 24 May 2019 14:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45881

Actions (login required)

View Item View Item