Prosedur Pelaksanaan Sistem Pembayaran Bank Indonesia - Real Time Gross Settlement (BI - RTGS) pada Bank Nagari Cabang Utama Padang

Suci, Refzunia (2019) Prosedur Pelaksanaan Sistem Pembayaran Bank Indonesia - Real Time Gross Settlement (BI - RTGS) pada Bank Nagari Cabang Utama Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB V.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Final.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini, saat semua sektor kehidupan masyarakat berkembang dengan pesat karena teknologi informasi sudah semakin maju dan berkembang dengan cepat, masyarakat menginginkan segala sesuatu yang praktis dan cepat tetapi juga tetap aman. Tak terkecuali pada sektor perekonomian, kegiatan ekonomi, khususnya perdagangan tumbuh dan berkembang dengan cepat sehingga masyarakat atau pelaku ekonomi menuntut keberadaan sistem pembayaran yang efisien, cepat dan praktis namun tetap aman serta beresiko rendah agar kewajiban yang ditimbulkan dari transaksi ekonomi tersebut dapat diselesaikan dengan cepat sehingga kegiatan ekonomi bisa terus berlanjut. Bank Indonesia (BI) mencatat transaksi High Value Payment System (HVPS) atau transaksi bernilai besar yaitu transaksi Rp.100 juta ke atas dan bersifat segera (urgent) di Indonesia mencapai 90%. Oleh karena itu, Bank Indonesia sebagai bank sentral yang bertugas untuk mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran menciptakan pelayanan yang mempermudah gerak pengguna jasanya tanpa dibatasi ruang dan waktu. Salah satu upaya yang dilakukan BI dalam mewujudkan sistem pembayaran yang efektif dan efisien adalah dengan memanfaatkan Teknologi Sistem Informasi. Dengan kemajuan teknologi informasi, berbagai transaksi dapat dilakukan tanpa harus berhadapan 1 langsung, melainkan dilakukan secara digital melalui suatu sistem terkoneksi online yang disesuaikan dengan kebutuhan pemakai. Pemanfaatan Teknologi Sistem Informasi yang dikembangkan dan diimplementasikan oleh BI sejak 17 November 2000 untuk mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran adalah sistem Bank Indonesia – Real Time Gross Settlement (BI-RTGS). Sebagaimana yang tertulis pada Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 10/9/DASP mengenai Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan dan Pengawasan Sistem Bank Indonesia-Real Time Gross Settlement (Sistem BI-RTGS) tentang Sistem BI-RTGS. Sistem BI-RTGS merupakan sistem pemindahan dana elektronik mata uang rupiah dalam jangka waktu pendek secara individual per transaksi. Sistem BI–RTGS ini menggunakan mekanisme gross settlement, artinya setiap transaksi diperhitungkan secara individual dan real time. Dengan kata lain settlement transaksi antar peserta dilakukan secara langsung sepanjang terdapat dana yang cukup. Transaksi Sistem BI-RTGS mempunyai andil yang sangat penting dalam proses kegiatan transaksi pembayaran, terutama untuk memproses transaksi pembayaran yang bernilai besar yakni transaksi dengan jumlah minimum Rp 100.000.000 (seratus juta rupiah) ke atas yang bersifat aman, cepat, dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Warnida, M.M, Ak., CA
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Akuntansi
Depositing User: d3 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 24 May 2019 14:39
Last Modified: 24 May 2019 14:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45880

Actions (login required)

View Item View Item