PENGENDALIAN INTERN DALAM SISTEM PERHITUNGAN FISIK PERSEDIAAN OBAT-OBATAN PADA BAGIAN GUDANG FARMASI SEMEN PADANG HOSPITAL

Febi, Sahada (2018) PENGENDALIAN INTERN DALAM SISTEM PERHITUNGAN FISIK PERSEDIAAN OBAT-OBATAN PADA BAGIAN GUDANG FARMASI SEMEN PADANG HOSPITAL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover)
Cover (febi).pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I (febi).pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
BAB V (febi).pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka (febi).pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img] Text (tugas akhir full text)
TA Lengkap ( Febi ).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rumah sakit merupakan salah satu institusi atau perusahaan yang menyediakan layanan kesehatan bagi masyarakat,untuk dapat menyediakan layanan terbaik kepada masyarakat, rumah sakit harus memaksimalkan pengelolaan sumber daya yang ada.Salah satu sumber daya rumah sakit yang perlu dikelola dengan baik adalah persediaan obat-obatan.Aktifitas keluar dan masuknya obat-obatan pada rumah sakit tergolong tinggi. Tingginya aktifitas keluar dan masuknya obat-obatan, menjadikan persediaan obat-obatan sebagai salah satu aset lancar terbesar dari rumah sakit. Kondisi ini menyebabkan persediaan obat-obatan akan memberi pengaruh besar terhadap keuntungan atau kerugiaan yang didapat oleh rumah sakit. Salah satu aktivitas dalam mengelola persediaan obat-obatan adalah menghitung jumlah fisik persediaan obat-obatan yang ada terutama pada Bagian Gudang Farmasi, hal ini karena Gudang Farmasi merupakan lumbungnya obat-obatan bagi rumah sakit. Tujuannya adalah untuk melihat kondisi persediaan obat-obatan yang ada, apakah sesuai dengan ketentuan yang berlaku atau dalam kondisi yang tidak diharapkan seperti adanya barang yang hilang, rusak, dan lain-lain. Aktifitas perhitungan persediaan obat-obatan sangat penting dilakukan guna menghindari resiko kerugian bagi perusahaan. Akan tetapi, aktifitas keluar dan masuknya obat-obatan pada rumah sakit tergolong tinggi dan secara kuntitas jumlahnya juga tergolong banyak, maka aktifitas perhitungan fisik persediaan obat-obatan rawan akan resiko berupa kesalahan dalam menghitung, penggelapan, dan penyelewengan. Risiko yang cukup besar tersebut harus diperkecil, salah satu caranya adalah dengan membentuk sistem atau yang disebut dengan sistem perhitungan fisik persediaan. Salah satu komponen penting dalam sistem perhitungan fisik persediaan yang berfungsi untuk memperkecil resiko itu adalah pengendalian intern.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rayna Kartika, SE, M.Com, Ak, CA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Akuntansi
Depositing User: d3 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 24 May 2019 14:14
Last Modified: 24 May 2019 14:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45874

Actions (login required)

View Item View Item