PERENCANAAN PENGATURAN SIMPANG PADA SIMPANG EMPAT JALAN BANDAR DAMAR KOTA PADANG MENGGUNAKAN SOFTWARE PTV VISSIM

Bunga, Rahmadina (2023) PERENCANAAN PENGATURAN SIMPANG PADA SIMPANG EMPAT JALAN BANDAR DAMAR KOTA PADANG MENGGUNAKAN SOFTWARE PTV VISSIM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (17kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (353kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup dan Kesimpulan)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (340kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kota Padang sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu kota yang memiliki jumlah penduduk terbanyak. Luas daerah Kota Padang adalah 694,96 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 913,45 jiwa (Badan Pusat Statistik, 2023). Jumlah ini merupakan jumlah terbanyak jika dibandingkan dengan kabupaten dan kota lainnya yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat. Dengan adanya pertumbuhan jumlah penduduk, maka hal ini juga dapat berdampak pada kondisi transportasi di Kota Padang yang semakin padat. Dengan terjadinya peningkatan penggunaan kendaran, dapat menimbulkan permasalahan transportasi yang salah satunya adalah kemacetan. Maka salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kemacetan yang terjadi pada persimpangan adalah dengan adanya pengaturan simpang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan pengaturan simpang yang paling optimal antara bundaran dan lampu lalu lintas pada simpang empat Jalan Bandar Damar Kota Padang. Dalam penelitian ini akan dilakukan pemodelan perencanaan pengaturan simpang menggunakan software PTV Vissim (student version) untuk menampilkan hasil analisis kinerja simpang bersinyal yang direncanakan. Adapun langkah-langkah yang digunakan pada penelitian ini meliputi Studi literature, Survey lapangan, Pengolahan data, Pemodelan dan analisis dan Perbandingan kinerja. Pada kondisi eksisting tingkat pelayanan terendah adalah E dan tertinggi adalah A. Dengan penggunaan lampu lalu lintas tingkat pelayanan terendah adalah C dan tertinggi adalah A. Sementara itu dengan penggunaan bundaran tingkat pelayanan terendah adalah B dan tertinggi adalah A. Pengaturan simpang menggunakan bundaran merupakan pilihan yang lebih baik dibanding dengan penggunaan lampu lalu lintas. Kata kunci : persimpangan, bundaran, lampu lalu lintas, PTV Vissim

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: YOSRITZAL, Ph.D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:12
Last Modified: 23 Nov 2023 03:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458722

Actions (login required)

View Item View Item