Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Lokasi Cabang Baru Rumah Makan Talago Surya di Kota Batam menggunakan Metode TOPSIS

Aprillya, Annisha (2023) Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Lokasi Cabang Baru Rumah Makan Talago Surya di Kota Batam menggunakan Metode TOPSIS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (134kB)
[img] Text (BAB VI (Penutup))
BAB VI.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (Full Text)
FULL Laporan Tugas Akhir Annisha Aprillya.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Dalam manajemen organisasi, penentuan suatu lokasi bisnis harus diperhitungkan pada tahapan perencanaan, karena pemilihan lokasi usaha akan berdampak pada munculnya risiko maupun mendapatkan keuntungan pada suatu usaha. Rumah Makan Talago Surya merupakan usaha yang bergerak dibidang kuliner yang memberikan pelayanan terhadap pemesanan makanan dan minuman di Kota Batam. Dalam menentukan lokasi yang tepat untuk membuka cabang baru dari rumah makan, pemilik Rumah Makan Talago Surya hanya memilih lokasi yang menurutnya tepat. Salah satu dampak yang dirasakan oleh pemilik rumah makan ketika memilih lokasi yang menurutnya tepat adalah penghasilan salah satu cabang tidak mencapai omset rata-rata seperti cabang yang lainnya sehingga harus menutup cabang tersebut. Pemilik rumah makan perlu sebuah sistem penjunjang keputusan yang dapat mengkalkulasikan segala kriteria yang dibutuhkan dalam menentukan lokasi usaha yang tepat. Oleh karena itu, dibangunlah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dapat membantu dalam penentuan lokasi terbaik untuk membuka cabang sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Pembangunan aplikasi penentuan lokasi terbaik untuk membuka cabang baru rumah makan ini menggunakan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) yang nantinya akan menghasilkan peringkat lokasi penempatan terbaik diantara lokasi lainnya. Metode TOPSIS akan memberikan perankingan alternatif yang menjamin kedekatan dengan kriteria benefit dan menjauhkannya dari kriteria yang bersifat cost. Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu luas lokasi, harga sewa, dekat dengan sarana umum, jumlah kompetitor, kepadatan penduduk, lahan parkir, jarak dengan jalan utama, dan keamanan. Hasil yang didapatkan dari pembangunan sistem pendukung keputusan penentuan lokasi terbaik untuk membuka cabang baru rumah makan ini adalah dapat membantu pemilik rumah makan dalam mengambil keputusan penentuan lokasi yang tepat untuk membuka cabang baru Rumah Makan Talago Surya di Kota Batam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 21 Nov 2023 10:57
Last Modified: 21 Nov 2023 10:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458616

Actions (login required)

View Item View Item