Medication Review Yang Ditunjang Oleh Guideline-Based Clinical Decision Support System (CDSS) Berbasis Web Pada Pasien Penyakit Jantung Koroner.

Yusuf, Gio Vanny (2023) Medication Review Yang Ditunjang Oleh Guideline-Based Clinical Decision Support System (CDSS) Berbasis Web Pada Pasien Penyakit Jantung Koroner. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover_dan_abstrak (1).pdf - Published Version

Download (71kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (Bab akhir (kesimpulan dan saran))
BAB akhir (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (skripsi (fulltext))
e-skripsi Gio Vanny Yusuf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (192kB)

Abstract

Penyakit jantung koroner (PJK) adalah salah satu penyakit kardiovaskular yang di Indonesia memiliki angka kematian yang cukup tinggi. Pasien pengidap penyakit jantung koroner secara rata-rata mendapatkan tujuh obat yang berbeda (polifarmasi), yang mana merupakan salah satu faktor munculnya Drug Related Problem (DRP). DRP dapat menurunkan efektifitas terapi dan bahkan meningkatkan morbiditas serta mortalitas. Salah satu cara untuk meminimalisir angka kejadian DRP adalah dengan melakukan medication review terhadap pasien PJK. Namun di saat bersamaan medication review juga memiliki keterbatasan, yaitu sangat memakan waktu. Keterbatasan ini dapat diatasi dengan bantuan Clinical Decision Support System (CDSS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun sebuah guideline-based Clinical Decision Support System (CDSS) berbasis web untuk menunjang medication review pada pasien penyakit jantung koroner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dimulai dari pengumpulan data yang akan digunakan sebagi basis pengetahuan CDSS, kemudian diikuti dengan proses rancang-bangun dengan pendekatan System Development Life Cycle (SDLC) yang dibagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu pra-pemrograman, pemgrograman, pasca pemrograman. Setelah CDSS selesai, selanjutnya dilakukan ujicoba CDSS menggunakan kasus yang sudah disiapkan. Hasil yang didapatkan adalah terciptanya sebuah CDSS berbasis web yang dapat diakses pada alamat www.elixiranalytics.xyz, durasi penggunaan oleh responden rata-rata 7,22 menit, durasi analisa rata-rata 5,44 detik, dengan keakuratan hasil analisa mencapai 60,12%. Kata kunci: medication review, Clinical Decision Support System (CDSS), web, penyakit jantung koroner

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Apt. Najmiatul Fitria, S. Farm, M. Farm
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: S1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:22
Last Modified: 23 Nov 2023 03:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458614

Actions (login required)

View Item View Item