AKUNTANSI PENGHIMPUANN DANA PIHAK KETIGA PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (Persero) Tbk CABANG BUKITTINGGI

ALISYA, AMRAN (2019) AKUNTANSI PENGHIMPUANN DANA PIHAK KETIGA PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (Persero) Tbk CABANG BUKITTINGGI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER UTK PEMBIMBING.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I .pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA WM.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
TUGAS AKHIR AKT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)

Abstract

Pada saat sekarang ini bank merupakan sesuatu yang dipandang dan dianggap penting oleh sebagian masyarakat. Hal tersebut dikarenakan bank memiliki peran yang cukup andil dalam kehidupan ekonomi masyarakat. Bank secara sederhana dapat diartikan sebagai Lembaga Keuangan yang kegiatan utamanya adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut ke masyarakat serta memberikan jasa bank lainnya. Perbankan berlomba-lomba untuk mendapatkan keuntungan atau laba sesuai dengan target yang diinginkan, dalam mendapatkan keuangan atau laba tersebut, perbankan harus dapat efisien dan efektif dalam menjalankan kegiatan usahanya. Bagi bank sendiri kegiatan membeli dan menjual barang atau jasa juga terjadi, hanya bedanya dalam bisnis bank yang dijual dan dibeli adalah jasa keuangan, bank haruslah terlebih dahulu membeli jasa keuangan yang tersedia di masyarakat dan membeli jasa keuangan dapat diperoleh dari berbagai sumber dana yang ada, terutama sumber dana dari masyarakat luas. Bank Negara Indonesia sebagai salah satu bank yang memberikan jasa kepada masyarakat, dan juga berusaha untuk meningkatkan keuntungan atau laba yang wajar untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan, serta untuk tumbuh dan berkembang dalam meningkatkan kinerja yang lebih baik dari yang telah dicapai. Bank merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan berupa tabungan, giro dan deposito. Walaupun bank merupakan sebuah lembaga kepercayaan, namun ia tetap membutuhkan strategi pemasaran dan persaingan yang handal untuk dapat tetap bertahan dan bisa menjalankan bisnisnya. Perubahan teknologi yang terjadi dapat berdampak positif terhadap dunia perbankan. Kegiatan perbankan dapat lebih mudah dilakukan serta pelayanan yang diberikan semakin baik, cepat dan memuaskan masyarakat penggunanya. Contoh nyata yang dapat dilihat adalah telah banyaknya lembaga perbankan yang memakai sistem online untuk melakukan transfer ataupun jenis pengiriman uang lainnya dengan cepat dan mudah dilakukan, selain itu adanya fasilitas ATM yang tersebar diberbagai tempat membuat nasabahnya tidak perlu lagi repot repot berhadapan dengan teller di bank. ATM berguna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat baik yang ingin melakukan penarikan, penyetoran uang, mengetahui saldo rekening serta kebutuhan perbankan lainnya. Meskipun dampak positif dari adanya perubahan teknologi dapat dirasakan, namun juga ada dampak yang harus disadari dan diatasi oleh sebuah lembaga perbankan, yaitu tingginya biaya untuk memperoleh hal tersebut. Agar dapat mengatasinya saat ini, bank seharusnya bisa memperoleh pendapatan yang lebih tinggi dan menghimpun dana masyarakat sebanyak-banyaknya. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah membuat strategi pengumpulan dana yang akan dilakukan agar bagaimana masyarakat tertarik untuk menabung sebanyak banyaknya. Hal lainnya adalah mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh pesaing, agar kita dapat mengetahui titik lemahnya dan peluang kita menerpakan strategi pasar yang mungkin bisa mengalahkan pesaing, baik itu melalui strategi produk, strategi lokasi dan layout bank, ataupun strategi promosi yang gencar dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Sri Dewi Edmawati,M.Si,Ak
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Akuntansi
Depositing User: d3 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 24 May 2019 14:08
Last Modified: 24 May 2019 14:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45857

Actions (login required)

View Item View Item