Pengaruh Komposisi Media Biakan Terhadap Kandungan Kitin, Lemak Kasar dan Kecernaan lemak Kasar ulat Jerman (Ulat Jerman)

Indah Windiati, Indah (2023) Pengaruh Komposisi Media Biakan Terhadap Kandungan Kitin, Lemak Kasar dan Kecernaan lemak Kasar ulat Jerman (Ulat Jerman). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
SKRIPSI INDAH ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf

Download (121kB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan)
BAB 5 (KESIMPULAN).pdf - Published Version

Download (49kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
KARYA ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Media biakan yang biasa digunakan untuk budidaya ulat Jerman (Zophobas morio) adalah ransum komersial. Ransum komersial memiliki harga yang relatif tinggi untuk mengurangi biaya maka media biakan ransum komersial disubstitusi dengan ampas tahu. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh komposisi media biakan terhadap kandungan nutrisi ulat Jerman dan mendapatkan media yang cocok terhadap kandungan kitin, lemak kasar dan kecernaan lemak kasar ulat Jerman. Penelitian ini menggunaan 18 ekor ayam broiler umur 6 minggu berat ±1500 gram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan 3 ulangan. Perlakuan adalah A (media 100% ransum komersial ), B (media 80% ransum komersial + 20% ampas tahu), C (media 60% ransum komersial + 40% ampas tahu), D (media 40% ransum komersial + 60% ampas tahu) , E (media 20% ransum komersial + 80% ampas tahu) dan F (media 100% ampas tahu). Peubah yang diamati adalah kandungan kitin (%), lemak kasar (%BK) dan kecernaan lemak kasar (%BK) ulat Jerman (Zophobas morio). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan komposisi media berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kandungan kitin, lemak kasar dan kecernaan lemak kasar ulat Jerman. Kesimpulan penelitian ini adalah media 100% ampas tahu merupakan perlakuan terpilih untuk budi daya ulat Jerman dan diperoleh kandungan kitin 11,90% , lemak kasar 46,31% dan kecernaan lemak kasar 78,86%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir Nuraini, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:49
Last Modified: 22 Nov 2023 01:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458569

Actions (login required)

View Item View Item