ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN KARET (Hevea brasiliensis) DI DESA PARBANGUNAN KECAMATAN PANYABUNGAN KOTA KABUPATEN MANDAILING NATAL PROVINSI SUMATERA UTARA

Endang, Utami (2023) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN KARET (Hevea brasiliensis) DI DESA PARBANGUNAN KECAMATAN PANYABUNGAN KOTA KABUPATEN MANDAILING NATAL PROVINSI SUMATERA UTARA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (69kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL TEXT ENDANG UTAMI (1910221078).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis saluran pemasaran karet dan fungsi pemasaran karet di Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara. (2) Menganalisis efisiensi pemasaran karet di Desa Parbangunan, Kecamatan Panyabungan Kota, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan survey. Metode pengumpulan data dengan data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui wawancara dan literatur lain. Metode Analisis data yaitu deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif yang digunakan untuk manggambarkan saluran pemasaran karet, fungsi pemasaran, menghitung nilai efisiensi pemasaran, margin pemasaran, dan farmer’s share. Penenetuan sampel dilakukan dengan acak sederhana, yaitu sebanyak 30 petani dan 4 pedagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran karet di Desa Parbangunan. Pada Saluran Pemasaran I, nilai efisiensi adalah 0,23, margin pemasaran sebesar 56,45%, dan farmer’s share adalah 43,54%. Pada Saluran Pemasaran II nilai efisiensi adalah 0,20. margin pemasaran sebesar 55,18, dan farmer’s share sebesar 44,81%. Berdasarkan analisis efisiensi pemasaran, saluran pemasaran yang lebih efisien adalah Saluran Pemasaran II, karena Saluran Pemasaran II mempunyai nilai efisiensi pemasaran yang lebih kecil, margin pemasaran lebih dan farmer’s share lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Faidil Tanjung, M.Si
Uncontrolled Keywords: desa parbangunan, efisiensi, karet, saluran pemasaran
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:57
Last Modified: 23 Nov 2023 06:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458563

Actions (login required)

View Item View Item