PENGARUH KOMPOSISI SUBSTRAT DAN LAMA FERMENTASI DENGAN Rhizopus oligosporus TERHADAP PROTEIN KASAR, RETENSI NITROGEN DAN LEMAK KASAR CAMPURAN EMPULUR SAGU DAN DAUN INDIGOFERA

Suci, Sri Rahmawati (2023) PENGARUH KOMPOSISI SUBSTRAT DAN LAMA FERMENTASI DENGAN Rhizopus oligosporus TERHADAP PROTEIN KASAR, RETENSI NITROGEN DAN LEMAK KASAR CAMPURAN EMPULUR SAGU DAN DAUN INDIGOFERA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (76kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI)
SKRIPSI SUCI SRI RAHMAWATI UPLOAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kombinasi komposisi substrat dan lama fermentasi dengan Rhizopus oligosporus yang optimal yang dapat meningkatkan kandungan dan kualitas protein kasar serta retensi nitrogen dan dapat menurunkan kandungan lemak kasar empulur sagu (ES) dan daun indigofera (DI) fermentasi. Materi penelitian menggunakan empulur sagu, daun indigofera sebagai substrat, Rhizopus oligosporus sebagai inokulum, dan ayam broiler strain Cobb galur CP-707 sebanyak 30 ekor umur 4 minggu dengan berat lebih kurang 1,5 Kg. Peralatan laboratorium dan zat zat untuk analisis. Metode dalam penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial 3x3 dengan 3 ulangan. Faktor A (komposisi substrat) yaitu empulur sagu dan daun indigofera yang terdiri dari A1 (80:20), A2 (60:40) dan A3 (50:50). Faktor B (lama fermentasi) terdiri dari B1 (2 hari), B2 (3 hari), dan B3 (4 hari). Peubah yang diamati adalah kandungan protein kasar, retansi nitrogen dan kandungan lemak kasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi interaksi sangat nyata (P<0,01) antara komposisi substrat dengan lama fermentasi terhadap kandungan protein kasar, retensi nitrogen, dan kandungan lemak kasar. Pada masing-masing faktor A dan B terlihat pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan protein kasar, retensi nitrogen, dan kandungan lemak kasar. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa campuran empulur sagu dan daun indigofera 50:50 yang difermentasi dengan kapang Rhizopus oligosporus selama 3 hari memberikan hasil yang terbaik dilihat dari kandungan protein kasar (25,51%), retensi nitrogen (52,12%) dan lemak kasar (0,02%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Mirnawati, MS
Uncontrolled Keywords: Daun indigofera (DI), Empulur sagu (ES), Fermentasi, Rhizopus oligosporus, Substrat.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:31
Last Modified: 21 Nov 2023 07:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458562

Actions (login required)

View Item View Item