PENGARUH PENGGUNAAN Indigofera zollingeriana DAN PENAMBAHAN GAMBIR DALAM RANSUM TERHADAP KADAR PROTEIN, LEMAK, DAN LAKTOSA SUSU PADA KAMBING PERANAKAN ETAWA

Akbar, Fauzan (2023) PENGARUH PENGGUNAAN Indigofera zollingeriana DAN PENAMBAHAN GAMBIR DALAM RANSUM TERHADAP KADAR PROTEIN, LEMAK, DAN LAKTOSA SUSU PADA KAMBING PERANAKAN ETAWA. Diploma thesis, Universitas andalas.

[img] Text (Cover)
cover fauzan.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1 fauzan.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (315kB)
[img] Text (Skripsi)
Bismillah Wisudah-1_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil dari Indigofera zollingeriana (30%) dan penambahan gambir (1%) sebagai pengganti konsentrat dalam ransum kambing peranakan etawa terhadap kadar protein, lemak dan laktosa susu. Percobaan dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan 3 perlakuan dengan 5 ulangan. Perlakuan tersebut antara lain: perlakuan A adalah rumput lapangan 60% : konsentrat 40%, perlakuan B adalah rumput lapangan 60% : Indigofera zollingeriana 30% + konsentrat 10%, perlakuan C adalah rumput lapangan 60% : Indigofera zollingeriana 30% + konsentrat 10% + 1% gambir. Parameter yang diamati yaitu protein susu, lemak susu dan laktosa susu. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan leguminosa Indigofera zollingeriana dan penambahan gambir sebagai pengganti konsentrat berpengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap kadar protein susu berkisaran 2,99% – 3,26%, kadar lemak susu berkisaran 4,62% - 5,59%, dan kadar laktosa susu berkisaran 4,53% - 4,93%. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat di simpulkan bahwa penggunaan leguminosa Indigofera zollingeriana dan penambahan gambir sebagai pengganti konsentrat memberikan hasil yang hampir sama pada pakan konrol. Kata kunci : Gambir, Indigofera zollingeriana, Kambing Peranakan Etawa, Kualitas Susu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Mardiati Zain, MS,
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:13
Last Modified: 21 Nov 2023 07:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458535

Actions (login required)

View Item View Item