ANALISIS WASTE PADA PELAYANAN RAWAT JALAN DI RS NAILI DBS MENGGUNAKAN PRINSIP LEAN

Aisyah, Putri Rezeki (2023) ANALISIS WASTE PADA PELAYANAN RAWAT JALAN DI RS NAILI DBS MENGGUNAKAN PRINSIP LEAN. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (526kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
2. Bab I Pendahuluan_compressed.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (Bab & Kesimpulan dan Saran)
3. Bab 7 Kesimpulan dan Saran-compressed.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (Tesis Full text)
Tesis + Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Peningkatan biaya, kualitas pelayanan yang kurang baik, dan prevalensi kesalahan medis yang tinggi mendorong rumah sakit sebagai institusi kesehatan untuk berinovasi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengadaptasi praktik quality improvement (QI) yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, hasil klinis, kepuasan karyawan, dan keselamatan pasien. Salah satu praktik QI adalah dengan implementasi prinsip lean. Lean merupakan sekumpulan metode dan tools yang dimaksudkan untuk mengeliminasi waste dan meningkatkan efisiensi proses. Implementasi lean mampu memberikan dampak yang signifikan bagi efisiensi dan efektivitas operasional. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisa pelayanan di Instalasi Rawat Jalan RS Naili DBS dengan menggunakan prinsip lean. Observasi langsung diperlukan untuk dapat melihat keadaan yang sebenarnya terjadi di lapangan sehingga dapat dirumuskan permasalahan dan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk peningkatan mutu pelayanan. Mutu pelayanan yang baik akan meningkatkan kepuasan pasien yang akan berkontribusi langsung dengan peningkatan jumlah pasien dan peningkatan pemasukan rumah sakit. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif, dimana dilakukan pengamatan untuk mengidentifikasi waste yang terjadi pada pelayanan rawat jalan. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan langsung terhadap proses pelayanan pasien rawat jalan dari datang sampai mendapat pelayanan konsultasi dokter. Dari hasil pengamatan, dilakukan visualisasi proses pelayanan dengan big picture mapping dan dilakukan analisis waktu tunggu dan waste dengan prinsip lean. Selain itu dilakukan wawancara mendalam (indepth interview) dengan informan yang telah dipilih yaitu dari internal rumah sakit dan pasien sebagai penerima jasa. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan waktu tunggu rawat jalan dari pasien berkontak dengan petugas registrasi sampai selesai pelayanan dokter yaitu selama 1 jam 18 menit 50 detik. Waktu ini masih melebihi standar pelayanan minimal yang telah ditetapkan oleh pemerintah yaitu selama 60 menit. Hasil pengamatan mengenai waste, ditemukan sebanyak 36 jenis pemborosan yang tersebar pada proses antrian, registrasi, ruang tunggu poliklinik dan ruang klinik.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Herri, SE, MBA
Uncontrolled Keywords: Lean healthcare, Waste, Waktu Tunggu, Rawat Jalan, Big Picture Mapping
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:04
Last Modified: 21 Nov 2023 07:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458534

Actions (login required)

View Item View Item